4th Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2019 Sukses dan Banjir Pujian - livejournalofasad.com

Tuesday, January 29, 2019

4th Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2019 Sukses dan Banjir Pujian

Diatas Kapal Rona Dalam Menyaksikan Pagelaran 4th Nongsa Regatta 2019
Tahun ini memasuki tahun ke-4 Nongsa Point Marina & Resort menjadi tuan rumah penyelenggaraan Nongsa Regatta. Bertajuk 4th Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2019 pagelaran event internasional inipun selesai digelar. Saya bersama teman-teman blogger berkesempatan kembali melihat secara langsung perlombaan berbagai jenis Yacht dan Kapal Layar dihari terakhir pagelaran ini. Event ini sendiri berlangsung selama 3 (tiga) hari pada 25 hingga 27 Januari 2019.  Pukul 11.00 siang saya bersama teman-teman telah berkumpul di Nongsa Point Marina & Resort dan siap untuk menyaksikan secara langsung perlombaan yang digelar hari ini. Sebuah kapal yacht legendaris berusia 124 tahun bernama ‘Rona’ telah siap untuk memberangkatkan kami menuju ke tengah lautan dimana perlombaan tengah berlangsung. Sang Rona walaupun usianya telah seabad lebih Rona Rona kekuatan kapal ini masih tampak ABG alias Anak Baru Gede loh wow, sekilas deskripsi ku terhadap kapal ini ya. Sesaat setelah kami meninggalkan dermaga nongsa point langsung disambut dengan terpaan angina utara atau moonsoon yang cukup kuat, namun tidak menyurutkan semangat kami tentunya, apalagi walaupun terpaan angin cukup kuat namun cuaca siang itu tampak cerah dan bersahabat.

Yeah sukses untuk event 4th Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2019 guys, dan berikut hasil pemenang dalam perlombaan ini:

OPTIMIST BOYS :
Champions : Rahmad Zhairy – Club (Kepri)
1st Runner Up : Muhd Iman Bin Saiful Anwar – Club (Selangor)
2nd Runner Up : Josua Warobai – Club (Papua)

OPTIMIST GIRLS :
Champions : Aina Zulaikha Bt Azizul Rahman – Club (Selangor)
1st Runner Up : Emma Ledis Julia Yawan – Club (Papua)
2nd Runner Up : Sintya Bella Putri – Club ( Kepri)

INA CLOSE :
Champions : Rahmad Zhairy – Club (Kepri)
1st Runner Up : Josua Warobai – Club (Papua)
2nd Runner Up : Fitri Gunawan – Club (Kepri)


LASER 4,7 BOYS
Champions : Ramadhan Tito -  Club (Kepri)
1st Runner Up : Ariel Maulana – Club ( Kepri)
2nd Runner Up : Aldo Rizki Zulkarnain – Club (Papua)

LASER 4,7 GIRLS
Champions : Dilla Adilya Safitri – Club (Kepri)
1st Runner Up : Aurora Angel Gayatri Waromi -  Club (Papua)
2nd Runner Up : Siti Zulaikha Bt Mohd Asri – Club ( Kepri)

INA CLOSE
Champions : Ramadhan Tito – Club (Kepri)
1st Runner Up : Dilla Adilya Safitri – Club (Kepri)
2nd Runner Up : Ariel Maulana – Club (Kepri)

RADIO CONTROL 
Champions  - Bart Ouwerling - Netherlands
1st Runner Up -  Mark Biggest - UK
2nd Runner Up - Willem Edelenbos - Netherlands


Selesai digelar, semua tampak puas dengan kesuksesan event tahunan ini. Bukan hanya penyelenggara saja, tetapi pengunjung dan peserta pun tampak gembira dengan adanya kegiatan ini. Salah satunya pemenang asal Selangor Malaysia yang bermain di kelas Optimis Class F, Aina Zulaikha binti Azizul Rahman. Dia mengatakan, melalui Nongsa Regatta 2019 ia bisa menikmati salah satu sisi terindah Pulau Batam. Sebab, event ini mengajak para peserta untuk menyusuri alur perairan Nongsa. “Nongsa sangat mendukung untuk kegiatan ini. Ombaknya bagus, begitu pun dengan kondisi infrastuktur di lokasi, Pelabuhannya sudah sangat cocok untuk kapal-kapal kami bersandar,” ujarnya.


4th Nongsa Regatta 2019

4th Nongsa Regatta 2019
Aina mengaku terpesona dengan keunikan pantai Nongsa. Dari sini, seluruh peserta bahkan bisa melihat Negara Singapura dengan jelas. Saat malam tiba, pantai ini terlihat indah sekali. Banyak pula penginapan dan hotel bertaraf internasional yang bisa disewa untuk bermalam. “Sangat asik untuk kembali lagi bersama keluarga,”kata Aina. Hal senada diungkapkan Kurt Metzger dari Waka Terre Club. Ekspatriat di Singapura asal Amerika Serikat menjadi salah satu orang yang ketagihan pada Nongsa Regatta. Tahun lalu, ia sudah ambil bagian dan menyelesaikan tujuh balapan. Menurutnya, angin di pantai Nongsa selalu konsisten. Faktor alam sangat mendukung kegiatan tersebut.  ”Sehebat apa pun keterampilan yang kita miliki, tetap menjadi sia-sia jika tidak didukung dengan kondisi alam yang memadai. Tahun ini saya kembali meramaikan Nongsa Regatta karena saya tahu ombak dan angin di sini sangat bagus. Nongsa is the best!” pujinya.

Diakui Metzger, ada kesan tersendiri saat mengikuti Nongsa Regatta. Meski melelahkan, ia selalu berusaha tampil dengan aksi-aksi seru yang menantang. Kali ini cuaca cukup bersahabat. “Saya berterimakasih atas terselengaranya Nongsa Regatta 2019. Terima kasih juga kepada pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pariwisata yang juga sudah mendukung kegiatan ini. Kami akan kembali lagi sepanjang event ini terus digelar. Mungkin nantinya tidak jadi peserta, tetapi bisa sekedar berlibur menikmati keindahan Nongsa,” ungkapnya. Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Boeralimar mengatakan, dari tahun ke tahun gelaran Nongsa Regatta berjalan semakin baik. Tak heran jika jumlah peserta pun terus bertambah. Tahun ini, sekitar 78 wisman turut berpartisipasi plus dengan keluarganya diprediksi menembus angka 234 Wisman.


4th Nongsa Regatta 2019
“Event ini sangat baik karena terus meningkat dengan skala internasional.  Dengan mengacu World Sailing Racing Rules of Sailing 2017-2020, Nongsa Regatta 2019 telah menerapkan regulasi internasional baru. Mencakup OMR, Texel Rules, dan One Design kapal sesuai kelas masing-masing. Itu artinya bobot acaranya diakui dunia. Ini sangat mengangkat Kepri,” jelasnya. Asdep Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati yang hadir di acara penutupan mengatakan, Nongsa Regatta terus bergerak ke arah yang lebih baik. Dari segi peserta, event ini sudah menunjukkan peningkatan dengan mnculnya peserta domestik. Yaitu atlet nasional dari Papua dan tuan rumah.

“Kami optimis slot lokal bisa dimaksimalkan pada musim race 2020 nanti. Kita akan bidik atlet layar SEA Games dan Asian Games, serta pemula nasional. Yang jelas, kami menyambut gembira kehadiran peserta lokal, event ini menjadi salah satu atraksi yang bisa mendatangkan Wisman Crossborder di Batam atau Kepri secara keseluruhan. Karena Nongsa Regatta berpotensi mendatangkan Wisman,”kata Dessy, didampingi Kabid Pemasaran Area II Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Trindiana M Tikupasang.Dessy menambahkan, Nongsa Regatta 2019 diramaikan oleh 4 negara yaitu Singapura, Inggris, Amerika Serikat dan New Zealand. “Kita patut mengapresiasi peserta Nongsa Regatta 2019. Mereka luar biasa. Mereka bahkan datang bersama keluarga. Dengan kata lain, event ini sekaligus jadi pintu masuk wisatawan mancanegara ke Croasborder Kepri. Karena semua kita tahu Kemenpar tahun 2019 ini mentargetkan kunjungan 20 juta Wisman dan Kepri salah satu pintu masuk Wisman ke tanah air kita tercinta ini,”kata Dessy.

Sebagai tuan rumah hingga keempat kalinya nih Nongsa Point Marina & Resort sendiri adalah sebuah penginapan yang didekorasi dengan sentuhan Mediterania dan dibangun di sekitar teluk alami di pesisir Nongsa, Batam. Hotel dan Resort ini memiliki berbagai fasilitas untuk liburan akhir pekan maupun liburan panjang loh. Ada lapangan golf, spa, dan berbagai jenis olahraga air yang sangat menggiurkan loh.

More Fun at |www.livejournalofasad.com

5 comments:

  1. aku masih belum puas nontonnya, keburu mabok karena ombaknya tinggi...mudahan tahun depan bisa lagi nonton

    ReplyDelete
  2. Seru banget bisa menyaksikan pertandingan ditengah laut. Ngeri-ngeri sedap, pakai kapal besar aja berasa ombaknya, apalagi yg bertanding ya, salutlah sama semangat yg ikutan lomba. Mantul.

    ReplyDelete

Anyone can give the idea, information or question
Dont Be Shy.....