Tergoda Keindahan Pulau Tidung Kepulauan Seribu, Jakarta - livejournalofasad.com

Friday, December 14, 2018

Tergoda Keindahan Pulau Tidung Kepulauan Seribu, Jakarta

Pulau Tidung - Kepulauan Seribu
Libur telah tiba hore, hore, hore hatiku gembira. Ayooo siapa yang baca sambil nyanyi hihi. Sebagian besar sudah akrab lah ya dengan lirik lagu si artis cilik Tasya, sekarang udah dewasa kan ya hehe. Bulan Desember itu pastilah buat semua orang sebagai bulan penuh makna karna artinya kita sudah di penghujung tahun dan salah satu yang membuat hati riang gembira pastinya karena liburan akhir tahun semakin dekat nih, termasuk buatku. Paling tidak liburan akhir tahun ini menjadi andalanku sebagai reward atau menghadiahi diri sendiri karena telah bekerja setahun ini. Jadi setelah ubek-ubek informasi melalui internet dan sosial media koq aku jadi ingin liburan ke Pulau Tidung ya, hayok pada tau apa engga nih Pulau Tidung itu dimana ? Asli keren banget loh ini pulau.

Jadi Pulau Tidung ini sebenarnya adalah salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakart. Pulau tidung ini terbagi dua yaitu, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Penggunaan wilayah di pulau ini sendiri berkembang ke arah wisata bahari karena pulau ini memiliki keindahan laut dan bawah laut yang teramat sangat menggoda untuk dinikmati, seperti menyelam serta penelitian terhadap terumbu karang.

Pulau Tidung yang terdiri dari Tidung Besar dan Tidung Kecil yang dihubungkan oleh jembatan panjang yang dinamakan Jembatan Cinta oleh penduduk setempat ini terletak di Kepulauan Seribu Selatan bagian barat, dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam perjalanan dari Muara Angke dengan kapal penumpang. Namun saat ini kita bisa memilih transportasi alternatif KM Express Bahari, yang disediakan PT. Pelni, yang bisa mempercepat perjalanan menjadi 1 jam saja. Sebagai salah satu tujuan favorit wisata, pulau tidung ini dapat ditemui perkampungan penduduk dan beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan, selanjutnya jalan setapak yang panjang ini akan melewati fasilitas umum, seperti kantor polisi, sekolah setingkat SMU untuk para pelajar dari pulau sekeliling, kumpulan warung dan menuju ke jembatan cinta yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil tanpa penduduk.

Di awal jembatan penghubung ini, akan ditemui jembatan yang cukup tinggi untuk melalui suatu cekungan laut yang agak dalam, dimana banyak anak kecil penduduk setempat memperagakan loncat indah dari jembatan sebagai sarana bermain mereka, cukup menghibur para wisatawan dan amat mengundang keinginan untuk bisa bergabung dengan mereka melakukan loncat indah di pantai biru tanpa ombak. Di penghujung jembatan penghubung, menapaki pantai Pulau Tidung Kecil yang merupakan kawasan pengembangbiakan mangrove, masih tampil indah ditelusuri dengan bersepeda, melalui jalan setapak yang dipenuhi dengan ilalang dan pantai sepi yang pasirnya putih lembut, sangat indah pemandangannya. Lokasinya yang tidak begitu njauh, lalu banyak juga travel yang menawarkan Paket Pulau Tidung yang harganya juga cukup terjangkau dan beberapa tempat  andalan disini yang membuat kita wajib mengunjungi pulau ini.

Jembatan Cinta

Jembatan Cinta
Nah jadi jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil ini merupakan ikon yang tidak boleh kita lewatkan dalam paket wisata ke pulau ini. Jembatan yang memiliki panjang hingga 800 meter ini memiliki sisi lengkung di bagian tengah yang menyerupai terowongan, sehingga perahu dan kapal dapat melintas di bawahnya loh. Konon, jembatan ini juga merupakan saksi kisah asmara. Umumnya, hubungan pasangan yang berkunjung ke Jembatan Cinta akan semakin langgeng. Sementara bagi yang belum memiliki pasangan, berkunjung ke jembatan tersebut akan membuat seseorang segera bertemu jodohnya. Ha ha ah bakalan rugi nih kalau berlama-lama menunda main kesini yak an. Ya terlepas dari kebenaran mitos tersebut, Jembatan Cinta pokoknya akan menjadi bagian yang berkesan dalam liburan kita disini pastinya.

Pulau Tidung Kecil

Pulau Tidun Kecil
Setelah menyeberangi Jembatan Cinta, kita akan tiba di sebuah pulau bernama Tidung Kecil. Di pulau tak berpenghuni ini, kita bisa melihat berbagai jenis tanaman bakau yang dikembangbiakkan sebagai penyeimbang ekosistem di kawasan darat dan laut Pulau Tidung. Yang pasti bukan sekedar liburan dengan pemandangan indah saat kita kesini, tentunya ilmu dan pendidikan otomatis kita dapatkan juga loh, cocok banget nih liburan bareng keluarga yak an (bagi yang sudah berkeluarga ya hehe).


Pantai Saung Perawan

Pantai Saung Perawan
Lalu ada Pantai Saung Perawan. Pantai yang terletak di ujung barat Pulau Tidung ini memiliki pemandangan yang begitu indah memukau. Pantai ini dapat kita tempuh dengan bersepeda santai selama 20 menit, atau berjalan kaki selama 40 menit. Posisinya yang cukup strategis juga memungkinkan kita untuk menyaksikan matahari terbenam alias sunset, wuih keren banget nih pastinya.


Taman Laut

Taman Laut
Satu lagi paket wisata favorit para wisatawan di Pulau Tidung yaitu taman laut yang menawan. Banyaknya terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya serta beragam ikan cantik yang mengelilinginya menjadikan wisata bahari ini semakin banyak didatangi wisatawan dari berbagai belahan dunia, wow.

Yakin nih kalian engga pengen ikutan main ke Pulau Tidung ?

|More Fun at www.livejournalofasad.com 


21 comments:

  1. taman lautnya cantik juga ya kak... jadi pengen explore ke pulau tidung deh..

    ReplyDelete
  2. Baru dengar soal pulau tidung ini... Lumayan utk wisata Island hope ya di Jakarta...

    ReplyDelete
  3. Penasaran dengan Jembatan Cinta. Kira-kira kalau kesana, bisa dapat jodoh dua kali ga ya?

    Tapi itu 800 meter kalau dijajaki, apa ga gempor kaki ya bg? Ada ga sepeda? Lumayan juga kan ya jalan PP jadi 1,6 km. Hehehe

    ReplyDelete
  4. Makin penasaran sama Kepulauan Seribu. Kayaknya masih banyak lagi pulau cantik kayak Pulau Tidung ini.

    ReplyDelete
  5. Makin penasaran sama pulau Tidung deh setelah baca ulasan ini dan pastinya keindahan alam bawah lautnya beneran kece ya

    ReplyDelete
  6. Aku belum pernah ke Kepulauan Seribu.. Postingannya bikin mupeng nih. Tadi sekilas baca Pantai Sarang Perawan. Hahaha ternyata Saung Perawan.

    ReplyDelete
  7. Sedih akutuuuu.. Berapa kali diajakin temen ke Pulau Tidung, tapi gak jadi mulu. Baca postingan ini jadi makin mupeng. Taman lautnya cakep ya. Lala pasti seneng nih kalo diajakin kesini..

    ReplyDelete
  8. jadi inget dines ke jakarta pernah piknik ke sini lalu cari open trip diinet dadakan

    ReplyDelete
  9. udah sering dengar dan liat foto foto pulau tidung
    mupeng sih
    tapi belum kesampaian
    sepertinya masih masuk whistlist nih

    ReplyDelete
  10. Semoga taman laut Tidung tetap cantik ya, karena sekarang rame banget yang liburan ke sana.

    ReplyDelete
  11. pengen juga kesini, setelah membaca rekomendasi yang menarik banget dari tulisan om asad

    nantikan kehadiranku pulau tidung ... yeah

    ReplyDelete
  12. kapan ya diajak sama cewek kesini

    upsss

    hehehe

    pasti nya seru nih ... yuk ah ... kuy ... mari

    ke pulau tidung

    ReplyDelete
  13. Belum pernah ke Pulau Tidung. Keren banget jembatan sepanjang 800 m ya. Bagus pastinya fotoan romantis bareng keluarga dan suami tercinta :)

    ReplyDelete

Anyone can give the idea, information or question
Dont Be Shy.....

Featured Post

GOJEK Semakin Keren, Yuk Uninstall Khawatir Bersama GOJEK