Cara Naik Bus Langsung dari Singapore ke Kuala Lumpur Malaysia - livejournalofasad.com

Tuesday, August 09, 2022

Cara Naik Bus Langsung dari Singapore ke Kuala Lumpur Malaysia

Bus Singapore - Kuala Lumpur Malaysia


Alhamdulillah, pandemi perlahan berlalu, dunia mulai pulih dan bisa bebas kembali bepergian untuk Travelling.

Baiklah, kita lanjutkan tulisan ini ya, sudah lama sekali tampaknya tidak menulis, banyak faktor sih yang buat males nulis haha, tapi ya sudahlah next time aja dijelaskan, nah jadi kali ini aku cuma mau nulis tentang pengalaman atau bagaimana sih cara Naik Bus dari Singapore menuju ke Kuala Lumpur Malaysia. Ini juga pertama kali sih aku naik Bus Direct, dari Singapore Ke Malaysia jadi awalnya aku mencari info di Google tentang pengalaman orang-orang tapi infonya minim sih jadi makanya ini tergerak hati buat nulis, supaya bisa jadi Referensi dan Informasi.


Jadi aku berniat naik Bus Langsung dari Singapore menuju ke Kuala Lumpur, jadi aku naiknya itu dari Golden Mile Complex di Singapore, lokasinya daerah Beach Road, di pusat kota juga sih. Jadi Golden Mile Complex ini bukan semacam Terminal Bus gitu ya, dia semacam kompleks mall gitu, ada apartement dan hotel juga, nah untuk keberangkatan kita bisa datang ke deretan toko-toko di Lantai Dasar dari Mall Golden Mile Complex ini ya, disini terdapat beberapa toko atau kios yang menjual tiket ke beberapa tujuan ke Malaysia, salah satunya ke Kuala Lumpur. Cara memesan tiketnya bisa langsung datang kesini atau bisa juga pesan online di Easybook.com, buat kalian yang punya jadwal pasti sebaiknya pesan online aja sih, harganya juga sama aja pesan online atau di kios, keuntungan pesan online juga kita bisa pilih kursi duluan dan tidak takut kehabisan tiket, tapi karna aku punya jadwal yang random jadinya sengaja emang beli tiket langsung di  Kiosnya saja.


Harga Tiket Bus dari Singapore ke Kuala Lumpur berbeda-beda ya, tergantung operator Busnya, tapi yang paling rendah sih 25 SGD atau kalau dirupiahkan kurs saat ini jadinya sekitar 267 rb, tapi jangan heran tiket sebaliknya dari Kuala Lumpur Ke Singapore cuma sekitar 170 rb, namanya juga Singapore biaya hidup lebih tinggi. Selain di harga 25 SGD ada juga tiket bus yang harganya 30 SGD dan 35 SGD tergantung jam keberangkatan dan operator busnya. Jadwal Busnya juga sangat banyak mulai dari bus pertama jam 02.00 pagi, hingga bus terakhir jam 11.59 malam.


Salah Satu Konter Penjualan Tiket Bus di Golden Mile Complex

Nah setelah beli tiket bus tidak berapa lama kemudian busnya datang, busnya besar dan kursinya juga cukup nyaman koq untuk perjalanan yang diperkiran kurang lebih 5 jam 30 menit, sekitar 45 menit perjalanan kita akan tiba di Imigrasi Singapore perbatasan ke Johor. For Your Information, Singapore dan Malaysia punya 2 jembatan perbatasan yang menghubungkan mereka untuk keluar masuk, yang saat ini akan kita lewati yaitu perbatasan imigrasi Tuas Checkpoint. Disini kita turun dari bus dan membawa barang-barang bawaan untuk melalui Imigrasi Check, tapi saat ini Singapore sudah sangat modern, untuk keluar perbatasan mereka sudah menyediakan mesin check otomatis jadi bisa lebih cepat prosesnya, cukup scan pasport, kemudian photo di kamera otomatis, mencocokkan data dan plang otomatis terbuka dan kita bisa melanjutkan perjalanan, sangat mudah prosesnya. Setelah itu bus sudah menunggu kita untuk kembali melanjutkan perjalanan, sekitar 5 menit saja melewati jembatan kita sudah sampai di Malaysia dan turun kembali di Kompleks Sultan Abubakar Immigration and Customs. Setelah selesai proses Imigrasi dan Cek Barang, Kita kembali menaiki Bus dan melanjutkan perjalanan menuju ke Kuala Lumpur. 

 

Suasana Dalam Bus

Bus malam memang asik untuk menghemat sih karna bisa kita habiskan waktu untuk tidur atau rebahan saja, buat yang pengen pipis jangan kawatir karna bus akan berhenti sekali di Rest Area, itu sekitar setelah 2 jam perjalanan. Tidak terasa 5 jam lebih perjalanan telah aku lewati dan akhirnya tiba di TBS alias Terminal Bersepadu Selatan di Kuala Lumpur, ini merupakan terminal utama di Kuala Lumpur.

 

Terminal Bersepadu Selatan di Kuala Lumpur


Oke See You.

www.livejournalofasad.com

No comments:

Post a Comment

Anyone can give the idea, information or question
Dont Be Shy.....