Pagelaran 3RD Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018 di Nongsa Point Marina Batam - livejournalofasad.com

Tuesday, January 30, 2018

Pagelaran 3RD Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018 di Nongsa Point Marina Batam

Nongsa Point Marina & Resort - 3rd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta

Langit tampak sedikit mendung dengan pergerakan awan yang sepertinya sangat kencang dengan tiupan angin utara atau moonsoon yang cukup kuat, namun tidak menyurutkan semangat kami untuk menyaksikan secara langsung perlombaan Yacht, Kapal Layar dan lainnya dalam pagelaran 3rd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018. Wow sudah kali ketiga loh pagelaran Internasional ini digelar ditempat yang sama di Nongsa Point Marina & Resort, Batam. Minggu (28/01) pukul 2 (dua) siang saya bersama teman-teman telah berada diatas sebuah Kapal Yacht Legendaris berusia 123 Tahun yang bernama 'Rona'. Namun walaupun usianya telah seabad lebih Rona Rona kekuatan kapal ini masih tampak ABG alias Anak Baru Gede loh wow, sekilas deskripsi ku terhadap kapal ini ya hehe. Yups kami akan menyaksikan langsung perlombaan hari ini di perairan Nongsa Point Marina di Nongsa.



Kapal Yacht Rona Yang Berusia 123 Tahun
  
Nongsa Regatta sendiri  merupakan event yang menyelenggarakan berbagai perlombaan seperti Yacht IRC, Kapal Layar, Multihulls, termasuk Stand-Up Paddleboard dan Radio Kontrol Sailing. Nah jadi pagelaran ini sendiri dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari 26 s.d 28 Januari artinya telah dimulai sejak 2 (dua) hari yang lalu yaitu jumat hingga minggu adalah finalnya. Kawasan Batam dan Bintan sendiri telah menjadi tujuan favorit wisata yacht. Bea Cukai Batam pun sudah mulai memanfaatkan teknologi digital YachTERS (Yacht Electronic Registration System). Bentuknya berupa aplikasi tersebut pemilik yacht bisa mengurus clearence aproval time Indonesian territory (CAIT) lewat ponsel mereka. Wisatawan yang menggunakan yacht cukup melakukan pendaftaran secara online sebelum memasuki wilayah Indonesia. Data itu akan terkoneksi dengan 9 Kementerian dan Lembaga terkait, antara lain Imigrasi, Bea Cukai, Kemenhub dan Mabes TNI.




Di tiga hari penyelenggaraannya, 9 yacht berlayar sejauh 2 mil dari marina menuju perairan Nongsa tempat dimana perlombaan diadakan. Perlombaan yang dimulai pukul 12:00 hingga 17:30 ini mendapatkan 1 (satu) pemenang harian dan juga 3 (tiga) pemenang keseluruhan. Sistem penilaian didasarkan pada jenis kapal yang memiliki handicap berbeda. Setelah pertandingan selama 3 hari, akhirnya kategori yacht dimenangkan oleh tim WAKA TERE disusul team Singapore Management University yaitu SMUVE di posisi kedua dan SMUMAD di posisi ketiga.


3RD Wonderful Indonesia Nongsa Regatta - Photo by Nongsa Point

3RD Wonderful Indonesia Nongsa Regatta - Photo by Nongsa Point

3RD Wonderful Indonesia Nongsa Regatta - Photo by Nongsa Point

3RD Wonderful Indonesia Nongsa Regatta - Photo by Nongsa Point

Juri International dalam event ini ada 5 orang, yaitu Bpk Leonard Chin dari Malaysia selaku ketua juri, dari Singapore Bpk Long Hong Kit  dan Bpk Tan Tee Suan, serta dari Indonesia Bpk Iwan Ngantung dan Bpk Ramlan. Race officer nya Bpk Diki Zulfikar dari Indonesia yang didukung oleh team Focus Adventure, Marina @ Keppel Bay, Raffless Marina, serta yang membantu team media adalah Classic yacht RONA yang berusia 123 tahun ini yang lagi kita naiki hehe.

Sementara itu, dalam kategori dinghy, pertandingan dibagi menjadi 4 yaitu optimist putra, optimist putri, dan laser 4.7 putra, laser 4.7 putri. Optimis putra dimenangkan oleh Muh Faizuddin Bin Mohd Fauzi dari Terengganu- Malaysia, Optimist Putri dimenangkan oleh Dilla Adilya Safitri dari Kepri. Untuk kategori Laser 4.7 Putra dimenangkan oleh Umar Al Farouk dari Terengganu – Malaysia dan Laser 4.7 Putri dimenangkan oleh Nur Atikah Binti Mohd Din dari Trengganu – Malaysia. Cendera mata dan Piala di sumbangkan oleh Jotun, Adidas, dan Patria. Selain itu juga ada 2 tablet yang disumbangkan oleh pemilik yacht Vega.
Di hari terakhir diadakan pula perlombaan Radio Control Sailboats yang menjadi pemenang pertama adalah Geoff Shepherd sementara juara kedua diraih oleh Bart Ouwerling serta juara ketiga diraih oleh Mark Biggs.


Para Pemenang dan Photo Bersama - Photo by Nongsa Point

Prakash Reddy, Marina & Watersport Manager Nongsa Point Marina & Resort sekaligus ketua pelaksana event memaparkan bahwa resort ini sudah menjadi tempat penyelenggaraan event Singapore Strait Regatta selama lebih dari 20 tahun loh. Namun, baru tiga tahun terakhir ini Nongsa Point Marina & Resort menjadi penyelenggara atau tuan rumah event internasional ini. Ini menjadi sebuah kebanggaan sekaligus tantangan tersendiri karena untuk menyelenggarakan regatta dibutuhkan persiapan yang matang dan melibatkan banyak pihak, ditambah lagi kegiatan ini diikuti oleh peserta dari lebih dari satu negara.

Penyelenggara mengakui bahwa terselenggarannya event 3rd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018 ini tidak lepas dari kerjasama banyak pihak. Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Kepri serta PORLASI (Persatuan olah raga layar seluruh Indonesia) merupakan pihak yang memberikan dukungan dalam terselenggaranya kegiatan ini. Bentuk support ini juga ditunjukan dengan hadirnya jajaran tinggi dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Kepri dalam tiga tahun penyelenggaraan event ini.

Bpk Indroyono Soesilo selaku Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia hadir dalam makan malam bersama sekaligus penutupan 3rd  Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018 ini pada hari ini. Selain itu, penanugerahan 5 Gold Anchor dari Marina Industries Association yang diserahkan oleh Bpk Colin Bransgrove - Executive Officer dari Marina Industries Association kepada Bpk Mike Wiluan selaku Presiden Direktur Nongsa Resorts yang disaksikan oleh Bpk Indroyono, tamu undangan, seluruh peserta, serta jajaran pejabat pemerintahan Kepri dan Batam. Acara penutupan ini dihadiri oleh kurang lebih 300 orang termasuk peserta, tamu undangan, supporter dan media lokal hingga nasional.


Anugerah 5 Gold Anchor - Photo by : Nongsa Point




Nongsa Point Marina & Resort by @asadsaputra

Sebagai tuan rumah hingga ketiga kalinya nih Nongsa Point Marina & Resort sendiri adalah sebuah penginapan yang didekorasi dengan sentuhan Mediterania dan dibangun di sekitar teluk alami di pesisir Nongsa, Batam. Hotel dan Resort ini memiliki berbagai fasilitas untuk liburan akhir pekan maupun liburan panjang loh. Ada lapangan golf, spa, dan berbagai jenis olahraga air yang sangat menggiurkan loh.

Info lebih lanjut dapat menghubungi:

Prakash Reddy
Marina & Water Sports Manager
Nongsa Point Marina & Resort
T: +62 778 761 333 ext. 6110
E:  prakash@nongsapointmarina.com

Oza Syafriani
Junior Marketing Communications & Public Relations Executive
Nongsa Point Marina & Resort
T: +62 778 761 333 ext. 6802
E: jr.marcomm@nongsapointmarina.com
Facebook Page        : Nongsa Point Marina & Resort
Twitter            :            @nongsapoint
Instagram                  : @nongsapoint

Youtube                     : Nongsa Point Marina & Resort     



www.livejournalofasad.com
IG : @asadsaputra

7 comments:

Anyone can give the idea, information or question
Dont Be Shy.....