Sehari Keliling Taman Nasional Baluran Jawa Timur - livejournalofasad.com

Sunday, November 04, 2018

Sehari Keliling Taman Nasional Baluran Jawa Timur

Taman Nasional Baluran - Jawa Timur

Cuaca pagi itu tampak mendung dan langit tampak gelap, namun tidak menyurutkan niat kami untuk mengexplore salah satu taman nasional terindah di Indonesia ini. Adalah Taman Nasional Baluran, dimana Taman Nasional ini mempunyai daya tarik sangat unik karena memiliki panorama alam bernuansa Afrika. Aku bersama teman-temanku sebelumnya telah menyewa sebuah mobil disini (banyuwangi.red) beserta supirnya, karena kami baru pertama kali kesini. Kami mambayar sebesar 400 rb rupiah untuk waktu sewa selama 24 jam. Siapa sangka ya ternyata Taman Nasional Baluran ini terhampar dikawasan seluas 25.000 hektar dan terletak diwilayah Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo dan Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.


Sebelum memasuki kawasan atau pintu gerbang Taman Nasional ini kami menyempatkan diri mampir disebuah warung soto yang terletak tidak jauh dari Taman Nasional ini. Soto hangat dan segelas teh manis panas membuat suasana pagi itu segar dan membuat kami bersemangat dan siap mengexplore taman nasional ini. Harga tiket masuk hanya 15rb per orang. Harga yang masih cukup terjangkau tentunya. Setelah memasuki kawasan taman nasional ini kami harus menempuh perjalanan kurang lebih 12 KM untuk mencapai tujuan pertama kami yaitu Savana Bekol. Cukup jauh juga ya. Dan jalanan yang kami lalui juga kurang bersahabat karena masih berupa jalan tanah sehingga memakan waktu sekitar satu jam lebih. Namun kami menikmati pemandangan sepanjang perjalanan karena pepohonan hijau dan asri terbentang disepanjang kiri-kanan jalan.


Taman Nasional Baluran - Abaikan Gaya Kami

Taman Nasional Baluran mempunyai beberapa jenis hutan, satwa, dan tumbuhan. Ekosistem hutannya terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Sekitar 40% diantaranya merupakan vegetasi savana. Tumbuhan di Taman Nasional Baluran ini ada 444 jenis yang masuk dalam 100 famili. Keseluruhan tumbuhan yang ada termasuk kedalam 24 jenis tumbuhan langka, 265 tumbuhan herbal, dan 37 jenis mangrove yang tumbuh secara alami. Selain tumbuhan, terdapat 26 jenis mamalia juga disini, diantaranya banteng, kerbau, kijang, rusa, macan tutul, dan kucing bakau. Selain itu taman nasional ini juga merupakan rumah dari sebanyak 155 jenis burung, wow.
Taman Nasional Baluran - Pose Cekrek Cekrek
Tengkorak Kepala Banteng, Rusa dan Kerbau
Setibanya di Savana Bekol kami berhenti dan tentu saja berkeliling disekitar ingin menikmati suasana yang terasa benar-benar luas dan lapang seperti lagi di Afrika, namun sayang savananya tampak sepi tanpa terlihat ada tanda-tanda hewan berkeliaran pagi itu. Sebelum berkeliling jalan kaki di savana ini sang supir sekaligus pemandu kami tentunya, telah mengingatkan kami untuk berhati-hati dan selalu waspada karena savana ini juga merupakan tempat tinggal para ular, serem juga ya hehe. So, perhatikan langkah kalian guys, jangan sampai liburan bikin kita jadi kenapa-kenapa karena kurang hati-hati. Di Savana Bekol ini juga kita akan menemukan sebuah pondok kecil tempat dipajangnya beberapa tengkorak Kepala Banteng, Rusa dan Kerbau yang telah kering. Yang mana spot ini juga merupakan salah satu ikon dari Taman Nasional ini.Setelah cukup puas berkeliling kamipun melanjutkan perjalanan kembali.



Pantai Bama - Taman Nasional Baluran

Kami melanjutkan perjalanan kembali untuk mengitari taman luas yang menjadi tempat hidup ratusan binatang, dalam perjalanan kami melihat ayam hutan, rusa, kerbau, gajah, burung hutan, dan banteng. Setelah melewati Savana Bekol, kami melanjutkan perjalana menuju Pantai Bama yang tidak jauh dari savana ini, hanya berjarak lebih kurang 3 KM saja. Wah siapa sangka ya di dalam kawasan taman nasional ini juga terdapat pantai hehe. Karena cuaca mendung hingga siang hari akhirnya kami hanya menikmati pantai saja tanpa mencoba untuk menyeburkan diri kedalamnya. Garis pantai bama itu cukup panjang dan memiliki pasir putih yang cukup lembut. Tujuan kami selanjutnya yaitu Menara Pantau. Dari atas menara ini kita bisa melihat pemandangan Taman Nasional Baluran 360 derajat, Savana Bekol terlihat begitu luas dan kita juga bisa melihat Gunung Baluran dari atas menara ini. Untuk menaiki menara pantau, kita harus berjalan menaiki bukit kecil yang sudah tertata seperti tangga.


Menara - Model | Eka Handaa



Aplikasi pegipegi.com
Setelah puas menikmati permandangan dan hari mulai panas, kamipun memutuskan untuk menyudahi kunjungan di Taman Nasional Baluran ini. Yang pasti sangat puas dan kalian juga harus cobain mendatangi taman nasional ini. Karena akses menuju Taman Nasional Baluran ini tidaklah sulit, yang paling gampang ya harus ke Banyuwangi dulu. Salah satu cara menuju banyuwangi yang hemat dan santai yaitu dengan menaiki kereta, dan omong-omong soal naik kerata aku paling suka pesennya dari aplikasi atau websitenya si pegipegi.com karena sering ada promo, kadang ada potongan harga 10 hingga 20 % kan lumayan hemat tuh hehe dari pada beli langsung di konter kan. Untuk pembayarannya juga mudah nih pegipegi, bisa dengan Kartu Kredit, Transfer Bank, Internet Banking, Mobile Banking, Pembayaran di Swalayan dan bahkan ada pilihan cicilan loh, waduh asiknya. Tapi aku paling suka milih yang metode Mobile Banking karena sangat praktis cukup bermodalkan Handphone dan jaringan internet saja.




Okelah cukup sekian cerita tentang Taman Nasional Baluran ya, eits tapi bukan berarti selesai menjelajahi banyuwangi ya, tunggu cerita selanjutnya guys.



38 comments:

  1. Issh senangnya bisa mengexplore taman Baluran...Savana, pantai...ditunggu ya cerita Banyuwangi lainnya

    ReplyDelete
  2. Taman Nasional Baluran luas bingit, pengen deh ke sana pas rumputnya pada kering kerontang biar lebih berasa Afrikanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget nih, semoga next kita bisa main kesini lagi

      Delete
  3. gila kangen tempat ini gua. ajib banget pemandangannya. cuss lah cek pegipegi.com, tau aja jadi pengen ke mana gitu iya kan.

    ReplyDelete
  4. Aku pernh ke baluran hnya singgh jd ngak sempet bisa lihat banyak spot cakepnya, kyknya harus datang lagi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe ia kak cuslah datang lagi gk bosenin soalnya nih tempat

      Delete
  5. Ini masuk bucket list 2019!
    Udah rencana buat mampir ke sini, semoga dapet waktu dan kesempatan biar bucket listnya kejadian! :)

    ReplyDelete
  6. Wow, pohonnya bagus banget kayak lukisan di kartu pos, dan kaget liat tengkorak bantengnya

    ReplyDelete
  7. Baluran (dan Banyuwangi) ini salah satu wishlist-ku!

    Ternyata tiket masuknya murah bangeeettt! Di luar Savana Bekol dan Pantai Bama masih adakah kawasan menarik lainnya?

    ReplyDelete
  8. Baluran adalah satu dari my wish list! Cakeppppppppp banget sih kak. Harus main main ke sini dong yahhh soon:))

    ReplyDelete
  9. Keren bang... Pengen explore juga. Doain tahun depan bisa kesana ya... Btw pakai pegi-pegi lumayan juga ya potongan harganya...

    ReplyDelete
  10. Taman Nasional Baluran rasa afrika ya. Ini yang ngambil fotonya yg keren apa kameranya apa disana emang cakep habis. Semua foto dapet banget

    ReplyDelete
  11. Ini yang katanya Afrika-nya Indonesia, ya? Ada tempat menginapnya juga di sana?

    ReplyDelete
  12. Wahh kereenn, seprti di Afrika. Lewat tulisan kayak gini aku jadi tau ttg tempat2 keren yang sebelumnya aku nggak tau. Thanks, kk.

    ReplyDelete
  13. penasaran banget
    sering dengar namanya
    cuma baca dan liat foto
    penasaran ke sana langsunh
    moga tercapai

    ReplyDelete
  14. Aku belum kesampaian2 nih mau ke Baluran. Pengen banget ajak anak2 kesana.

    ReplyDelete
  15. Ya ampun, ini wishlist juga, suka banget sama taman baluran yang luas Dan lapang seperti bukan di Indonesia

    ReplyDelete
  16. Dambaan banget bisa main ke Baluran. Dulu pengen banget naik ke gunungnya. Tapi kalau sekarang main di savannanya aja sudah cukup kayaknya.

    ReplyDelete
  17. Beneran baru ngeh jika di Baluran ternyata ada pantainya juga. Menarik dan bikin penasaran :)

    omnduut.com

    ReplyDelete
  18. Tnyt hijau ya, saya biasanya liat di foto2 yg kering & tandus gitu

    ReplyDelete
  19. Waktu terbaik ke Baluran kapan kak? Aku berencana ke sana akhir tahun ini tapi takutnya musim hujan ya.

    ReplyDelete
  20. Cuti akhir tahun ini jadi pengen dihabiskan buat jalan-jalan nih, teman-teman blogger pada suka bikin ngiler kalau bikin artikel jalan-jalan,

    ReplyDelete
  21. Wuiw seru juga ke sana. Bagusnya awal2 musim kemarau kali ya biar masi seger pemandangannya ijo-ijo tapi ga ujan eheheh

    ReplyDelete
  22. Masih pagi sepi pengunjung, ya, bebas foto-fotoan. Bulan lalu saya ke sana jam 1 siang ruame. Mau foto di tulang-tulang Rusa aja susah, Mas.

    ReplyDelete
  23. Saya suka sekali Baluran. Pas kesana lagi musim kering jadi dapet Africa van Javanya. Next nya mesti nginep deh kayaknya seru.

    ReplyDelete
  24. Aku juga seneng banget kalo main ke Baluran. Aku udah beberapa kali balik lagi ke sana, & msh pengen balik lagi.

    ReplyDelete
  25. okay, masuk list Taman Nasional Baluran Jawa Timur

    ReplyDelete
  26. Taman Nasional Baluran emang cantik banget. Aku 2x ke sini, dan rasanya masih ingin sekali lagi sambil nginep. Tapi kayanya pak supir alias suami agak kapok kalau harus nyetir sendiri masuk menuju Savana Bekolnya.

    ReplyDelete
  27. Kepengen banget ke Taman Nasional Baluran :) Ternyata keren banget ya. Wah jalan2 di savana mesti hati2 ya ngeri ada ular duuh serem. Hewan2 masih banyak kayaknya di sana ya, mas? Pakai Pegipegi traveling makin menyenangkan :)

    ReplyDelete

Anyone can give the idea, information or question
Dont Be Shy.....

Featured Post

Fun Bike Fest Dalam Rangka Harris Day 2018