Museum Kemanusiaan Ex Camp Vietnam Pulau Galang - livejournalofasad.com

Monday, February 19, 2018

Museum Kemanusiaan Ex Camp Vietnam Pulau Galang



Di Pulau Galang, Batam terdapat sebuah tempat yang menyimpan sejuta kisah memilukan yang membuat kita seakan-akan ikut merasakan penderitaan yang dialami para penghuni terdahulu pulau ini beberapa puluh tahun silam. Tempat tersebut bernama Kampung Vietnam Pulau Galang, Batam. Nah saat ini terdapat sebuah Museum Kemanusiaan disini, dimana terdapat berbagai ornamen dan photo-photo saksi sejarah dari kisah masa lalu dipulau itu.

Kampung Vietnam ini merupakan sebuah camp pengungsian seluas kurang lebih 80 hektar yang di bangun puluhan tahun yang lalu saat terjadinya perang saudara di Vietnam pada tahun 1975 yang membuat mereka terpaksa harus lari dari negaranya sendiri karena kejamnya perang yang terjadi disana.

UNHCR dari PBB dan Pemerintah Indonesia membangun berbagai fasilitas di sana loh, seperti barak pengungsian, tempat-tempat ibadah, rumah sakit, dan sekolah hingga ada penjara. Dan para pengungsi ini dipusatkan di satu permukiman dan tertutup interaksinya dengan penduduk sekitar. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pengawasan dan penjagaan keamanan disini. Dan juga untuk menghindari penyebaran penyakit kelamin saat itu yang menjangkiti para pengungsi Vietnam, yang dikenal dengan nama “Vietnam Rose”. Disini mereka meneruskan hidupnya sepanjang tahun 1979 hingga 1996, yang mana akhirnya mereka mendapat suaka dari negara-negara maju yang mau menerima mereka ataupun dipulangkan kembali ke Vietnam setelah perang berakhir.

Selain kesan angker alias ada "uka uka" hihihi, yang pernah beberapa kali di ekspose oleh media televise disini, ternyata Kampung Vietnam ini juga menyimpan banyak sekali kisah sejarah yang tersimpan disini.














Mengunjungi pulau ini akan menjadi wisata sejarah yang mengingatkan kita betapa kejamnya tentara komunis Vietnam pada saat itu hingga warga negaranya sendiri harus melarikan diri jauh ke sebrang Laut Cina Selatan. Cukup membayar biaya masuk sebesar Rp. 5.000 saja kita bisa melihat dan menyaksikan langsung saksi sejarah itu, dan tempat pertama yang wajib kalian kunjungi jika kesini yaitu Museum Kemanusiaan nya ya. Karena disini kalian bisa melihat photo-photo dan ornamen bercerita tentang keadaan Camp Vietnam ini dahulunya, dan setelah itu barulah kalian berkeliling dan melihat-lihat sekitar kawasan yang sangat luas ini.

@asadsaputra 



www.livejournalofasad.com
IG : @asadsaputra 

Lets Travel Around

11 comments:

  1. Dah gitu aja ceritanya, kalau kesana cuma photo2 aja ga seru dan ga ada pelajarannya. Satu lagi info kalau kesana aekitar jam 10-12 akan ada narasuh tentang sejarah lengkapnya Museum x camp Vietnam ini. Dari awal sampai mereka reunian tahun 2014 kemarin. Atau minta saja guide menceritakan ulang kisah museum ini dari awal berdiri sampai reunian. Akan sangat berbeda wisata sejarahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak cuma mau baca cerita detail sedetailnya sih mak wkwk, justru jadi gk penasaran lagi, bagusnya kan cuma buat pancingan aja supaya pada kesana dan menikmati serta menyaksikan langsung

      Delete
  2. wah keren banget ini, nambah wawasan banget dah.

    ReplyDelete
  3. Semoga tetap terjaga wisata sejarah ini sampai kapan pun :)

    ReplyDelete
  4. Jadi malu dah ke sini tapi belum sempat nulis... Camp Vietnam mank keren banget ya... Kayanya asyik juga dijadikan tempat photo hihihihi

    ReplyDelete
  5. mantap artikelnya gan,,
    kunjungan dari softkini.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  6. sayangnya banyak tempat yang sudah rusak dan tidak bisa dilihat lagi, padahal ini tempat yang penting banget, tetap jadi icon kota batam, nggak ke batam kalau belum pernah kesini

    ReplyDelete

Anyone can give the idea, information or question
Dont Be Shy.....

Featured Post

A Magical Christmas at Bintan Lagoon Resort