Our social:

Adventure | Traveler | Challenge | Lifestyle

Monday, May 18, 2015

Pesona Pulau Tunjuk dan Pantai Tunjuk

Pulau Tunjuk adalah salah satu dari sekian banyak pulau nan indah dengan pesona pantai yang memukau yang berada di Kepulauan Riau. Untuk mengisi liburan pada pertengahan bulan mei kali ini sebenarnya saya dan beberapa teman berencana ingin mengunjungi Pulau Abang yang sudah terkenal dengan keindahan pantai dan bawah lautnya, namun dikarenakan begitu populernya Pulau Abang dan dengan transportasi yang terbatas untuk mencapai titik tersebut, alhasil kami tidak mendapatkan sewa boat pancung untuk kesananya, tidak putus asa dan dengan semangat juang kami terus mencari info tetap pada pendirian yaitu ingin liburan ke pulau, akhirnya kami memutuskan untuk pergi ke Pantai Tunjuk yang berada di Pulau Tunjuk, dengan berbekal info yang masih minim tidak membuat tekad kami berkurang, kami tetap ingin bisa sampai kepulau tersebut. Berbekal informasi dari Kak Lina Sasmita (Senior kami dan juga sosok srikandi yang telah melanglang buana ke berbagai negeri.red) kami mendapatkan kontak bapak yang punya boat pancung yang dapat mengantarkan kami ke tempat tujuan. Setelah negosiasi harga dan sebaginya akhirnya disepakati kami menyewa 2 buat boat pancung, yang masing-masing berisi 6 orang. Kami mendapatkan harga sebesar Rp. 100.000,- per orang untuk sewa seharian berkeliling pulau, artinya satu buah boat pancung dikenakan harga Rp. 600.000,- 



Dari titik yang disepakati yaitu tempat pelabuhan pancung milik Pak Daud tersebut yaitu berada tepat dibawah jembatan 2 dari rangkaian Jembatan Barelang di Batam. 





Perjalanan pun dimulai. Menurut info dari bapak daud, perjalanan ke pulau telunjuk bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dengan kondisi cuaca yang baik. Kami begitu menikmati perjalanan tersebut, canda tawa selalu menghiasi para petualang ini. beberapa saat kemudian kami memasuki selat kecil dimana kiri kanan terdapat hutan mangrove yang sangat hijau dan indah, sungguh suatu anugrah alam yang membuat kami begitu beruntung bisa menikmatinya.

HUTAN MANGROVE
















Setelah menempuh perjalanan panjang kurang lebih 1 jam akhirnya kami tiba di Pulau Telunjuk, kami begitu antusias melihat dari kejauhan pulau yang kami tuju, dan dari dermaga kami berlabuh sudah tampak pantai pasir putih yang begitu indah, sungguh perjalanan yang tidak sia-sia.

DERMAGA PELABUHAN PULAU TUNJUK



Pulau Tunjuk bukanlah hanya sekedar pulau kosong yang tak berpenghuni, terdapat beberapa rumah penduduk disekitaran pulau tersebut, bahkan terdapat Instalasi Menara Suar Milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Distrik Tanjung Pinang.


Instalasi Menara Suar Tunjuk

Suasana Pulau Tunjuk

Pantai Tunjuk

Keindahan Pasir Putih Pantai Tunjuk
Dari informasi yang saya dapatkan pantai telunjuk juga mempunyai julukan yaitu pantai pasir bergerak, konon kabarnya pasir dipantai tersebut bisa bergerak hilang dan timbul, sehingga warga sekitar tidak menganjurkan bagi yang tidak bisa berenang agar tidak duduk di tepi pantai yang terlalu jauh menjorok ke laut, hal tersebut membuat saya sangat penasaran dan ingin tau. 

Akhirnya saya pun mencoba berenang menyusuri hingga ke ketengah bibir pantai, dan ternyata memang benar bahwa pasir pantainya kadang suka ditarik oleh air laut lebih kedalam lalu kembali lagi ke tempat semula, yang disebabkan oleh proses pasang surut air laut, namun tidak bisa diprediksi kapan terjadinya, jadi bagi yang tidak bisa berenang meman disarankan untuk tidak berenang ditempat yang terlalu jauh dari bibir pantai atau sebaiknya menggunakan pelampung saat berenang, karena sesaat terlihat dangkal namun sesaat kemudian saat pasirnya terbawa arus lebih ke dalam maka akan terasa menjadi lebih dalam.





Para Anak - Anak Pulau Sang Petualang -  Friendship Never End     (Photo Courtesy By. Bagier Abunuway.red)

Penampakan Pulau Tunjuk dari Mbah Google Yang Mana Pulau tersebut berada tepat diseberang Pulau SubangMas

Narsis Ria. Ini Gayaku


Setelah Puas bermain di Pantai Telunjuk, kami melanjutkan perjalanan ke Pulau Berikutnya yaitu Pulau Mencaras (Pulau Konservasi Lumba - Lumba).....Untuk lebih lengkapnya ada di postingan selanjutnya....See You.....


11 comments:

  1. Jiaaah jadi juga pergi :) btw apa-apaan itu aku dibilang senior yang udah melanglang buana ke berbagai negeri? *getok Asad. Halaah aku mah apa atuh.

    ReplyDelete
  2. Nah sang senior muncul pertamaxx.....hahaha .....ia akhirnya jelas juga yah, berangkat juga ke pulau tuh.....

    ReplyDelete
  3. SALAM kenal buat mbak Lina Sasmita, saya setuju kok mbak Lina dibilang senior...secara sudah kemana mana...
    da buat bang asad..terimakasih ceritanya...tertarik banget mencoba keliling batam.. :)

    ReplyDelete
  4. Ia sarah, bener banget senior yang rendah hati yah mba Lina........sama-sama sarah semoga nanti bisa melanglang buana bersama-sama....makin rame makin asik tentunya

    ReplyDelete
  5. Seruu... eh ternyata yang bener Pulau Tunjuk ya? Selama ini dengernya Pulau Telunjuk :D

    ReplyDelete
  6. Seruuuu bangetttt mba Dee An......ia tuh menurut penamaan menara suar nya Pulau Tunjuk hehe....trims sudah mampir disini mba

    ReplyDelete
  7. Kalo main-main ke pulau lagi ajak-ajak yaaaa... :)

    ReplyDelete
  8. okeh2.....cusssss explore pulau lainnya mba dian.....

    ReplyDelete
  9. Hahahahah itu fotonya sesuatu banget apalagi yang lompat

    ReplyDelete
  10. wkwkwkwk.......kangen nge pulau lagi yah eka dewi puspita.....

    ReplyDelete
  11. Bro bisa minta kontak yang punya boat gak? rencana pengen kesana nih

    ReplyDelete

Anyone can give the idea, information or question
Dont Be Shy.....