Menyusuri Danau Toba nan Indah - livejournalofasad.com

Sunday, May 20, 2012

Menyusuri Danau Toba nan Indah

             Siapa sih yang tidak mengenal danau toba, danau terluas di asia tenggara ini, yang konon kabarnya danau ini terbentuk saat terjadi ledakan sekitar 73000-75000 tahun silam, yang merupakan sebuah super volcano atau ledakan gunung berapi super. Menurut informasi yang saya dapat danau ini mempunyai panjang kira-kira 100Km dan mempunyai lebar lebih kurang 30Km.


Dikarenakan begitu luasnya danau ini, maka letaknya pun berada dibeberapa kabupaten yang ada di Sumatera Utara ini.

Parapat, salah satu kota kecil yang masih dalam wilayah kabupaten simalungun yang berada ditepian danau toba..........
Nah dari sini terdapat salah satu akses untuk menuju ke sebuah pulau vulkanik yang berada di tengah-tengah danau toba, yaitu pulau samosir yang juga adalah sebuah kabupaten dari provinsi sumut ini.


Ini dia salah satu pelabuhan ferry untuk menyebrang ke pulau samosir, namun pelabuhan yang berlokasi di daerah Tiga Raja, Parapat ini khusus untuk menyebrangkan penumpang saja, tidak bisa beserta mobil ataupun motor, kalau yang membawa kendaraan pribadi jangan kawatir karena memang ada pelabuhan yang terdapat kapal roro yang dapat mengangkut kendaraan berupa mobil maupun motor, yaitu pelabuhan Aji Bata namanya.

Nah, ini dia ferry yang akan membawa kita menelusuri danau toba menuju ke pulau samosir.........

Menikmati keindahan danau toba disore hari.......walaupun terlihat agak suram hihihihihi....


  Terdapat banyak sekali penginapan yang berada di tepian danau toba, jadi jangan kawatir untuk penginapan disini, untuk harga mulai dari yang termurah 45rb permalam pun ada, tapi kalau musim liburan sebaiknya pesan dulu jauh-jauh hari supaya mendapatkan penginapan yang cukup murah dan nyaman tentunya.



Nah....mari kita mendarat, nih daerahnya namanya Tuktuk Siadong, Samosir.............
Saatnya berburu penginapan nih.....

Nah...kalo capek jalan kaki bisa nih sewa sepeda ...hargannya rata-rata 10rb per jam........






























Hasil jepret sana-sini................

 Setelah muter-muter akhirnya menemukan sebuah penginapan yang lumayan indah dengan harga yang lumayan murah nih, and dapet view yang indah pula..


Tampak seorang bapak tua sedang memancing ikan....................
Danau Toba merupakan sebuah sumber daya alam yang luar biasa, tak heran jikalau danau toba juga merupakan salah satu sumber mata pencaharian bagi penduduk sekitar.

Sunset di Danau Toba............

Sunrise in Lake Toba......

Disaat orang lain masih terlelap dengan mimpi-mimpinya, bapak ini sudah berada diatas perahunya yang seadanya untuk mencari rejekinya.



Tidak hanya para nelayan yang telah melakukan aktifitas nya di pagi hari,  tampak sebuah kapal penumpang telah beroperasi di pagi hari nan cerah



Tampak 2 orang wanita baru selesai melakukan aktifitas mereka ditepian danau toba................

Danau Toba juga dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk melakukan aktifitas rutin sehari-hari mereka, seperti mencuci pakaian maupun mandi.



 Finally see you next chapter n story......

3 comments:

Anyone can give the idea, information or question
Dont Be Shy.....