Explore Pulau Langkawi Permata of Kedah Malaysia - livejournalofasad.com

Wednesday, January 03, 2018

Explore Pulau Langkawi Permata of Kedah Malaysia

Langkawi - Cable Cab and Skybridge 

Selamat Datang di Langkawi Permata Of Kedah. Yup Langkawi atau Pulau Langkawi adalah satu satu daerah utara Malaysia yang merupakan sebuah kepulauan yang berbatasan langsung dengan Thailand yang juga berada di perairan Andaman yang terkenal akan keindahan baharinya. Langkawi merupakan bagian dari Negeri Kedah Malaysia. Untuk cerita perjalanan menuju Langkawi ini bisa kalian baca ditulisan sebelumnya disini ya Perjalanan Darat Ke Langkawi.

Pelabuhan Kuah di Langkawi sore itu sangat ramai sekali, tampak hilir mudik orang-orang dengan membawa koper besar hingga backpack-backpack yang simple hingga mencapai lutut ada saat itu. Yup tak heran sangat ramai sekali para pelancong dikarenakan hari ini merupakan waktu liburan dunia bertepatan dengan libur Natal. Tidak jauh dari pintu keluar pelabuhan kami bertemu dengan Kak Rina, yang merupakan salah satu agent tour yang telah kami hubungi beberapa hari silam yang mana telah berjanji menyewakan kami sebuah mobil selama 2 hari kami berada di Langkawi. Yup pilihan terbaik jika kalian berlibur ke langkawi adalah dengan menyewa kendaraan tentunya tergantung berapa orang kalian berlibur jika berlima seperti kami menyewa sebuah mobil rasanya adalah pilihan yang sangat tepat, karena dipulau ini kendaraan umum agak jarang yang banyak taxi yang tentunya kurang efektif dan tentu biaya yang dikeluarkan juga pastinya lebih mahal. Kami mendapatkan sebuah mobil jenis sedan Vios dengan harga yang cukup terjangkau yaitu 90 Ringgit per hari (24 jam) dan kami menyewanya selama 2 hari. Setelah urusan sewa menyewa selesai kami langsung menuju kepenginapan yang juga teah kami pesan beberapa hari silam di daerah pantai cenang yang bernama Inapan Aisyah, ya walaupun lokasinya tidak persis di depan pantai cenang namun inapan asiyah hanya berkisar 1 sampai 2 KM saja ke Pantai Cenang yang terkenal sebagai tempat keramaian di Langkawi ini hehe, dan pastinya memilih disini harganya lebih terjangkau apalagi disaat long weekend seperti ini dan jangan kawatir kan memiliki kendaraan sendiri kemana-mana serasa bebas dan dekat


Pose Dulu - Pantai Cenang

Pantai Cenang - Langkawi


Sore hari kami mengunjungi Pantai Cenang. Pantai ini terlihat sangat ramai sore itu terlihat kerumunan orang berbaur disini, ada yang hanya duduk santai menikmati keindahan pasir putih dan deburan ombak pantai ini dan tidak sedikit pula yang bermain permainan air yang tersedia dipantai ini, sebut saja Banana Boat, Kayaking, Jetski, Paralayang dan lainnya. Matahari bergerak dan hari menuju malam saatnya berburu kuliner disini untuk mengisi kekosongan perut beberapa jam ini hahaha. Awalnya takut jika makan atau minum di cafe-cafe pinggiran pantai ini akan merobek isi dompet yang tidak seberapa ini, eits namun ternyata setelah melihat harga-harga yang tertera di plank menu depan cafe tidaklah seperti yang dibayangakan loh, harganya kurang lebih sama di cafe-cafe atau mall di kota Batam tempat saya tinggal. Namun walaupun begitu kami memilih menikmati berbagai kuliner jalanan yang rasanya lebih menggoda hehe. Yup sepanjang jalan di Pantai Cenang ini terdapat berbagai macam toko-toko makanan maupun outlet-outlet lainnya berbaur jadi satu dari Outlet kelas dunia hingga jajanan gerobak dipinggir jalan so tinggal pilih saja mau menikmati yang mana hehe. 


Pantai Cenang

Menikmati Pantai Cenang - Langkawi

Pantai Cenang - Langkawi

Pantai Cenang - Langkawi

Suasana Pantai Cenang Langkawi

Sedappp Kuliner Sekitaran Pantai Cenang, Langkawi

Keesokan harinya kami memiliki jadwal Hoping Island yang mana kami diminta berkumpul di daerah Pantai Cenang sekitar pukul 9 waktu setempat. Maka pagi hari kami berburu sarapan terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan keliling pulau-pulau indah di Langkawi ini, dan untuk tiket Hoping Island sendiri harganya sangat terjangkau yaitu 35 Ringgit untuk berkeliling beberapan pulau dengan estiasi waktu 4 jam.

Pukul 09.45 kami telah menaiki kapal speedboat untuk berkeliling beberapa pulau disini. Cuaca hari ini tampak begitu cerah dan matahari menyengat panas, wah beruntung dong melaut dihari cerah begini, mana langitnya biru banget lagi, asyik nih. Namun walaupun cuaca panas namun angin bertiup cukup kencang yang membuat ombak sedikit bergejolak, namun tidak mengapa walaupun sedikit terhentak-hentak di atas kapal speedboat berkecepatan tinggi ini namun aku merasa sedang menjadi agent 007 alias james bond ahai.



Pelabuhan Hoping Island - Pantai Tengah


Sepanjang perjalanan tampak kami melewati bukit-bukit hutan tropis yang menjulang tinggi kelangit dan tampak begitu menawan dengan warna hijau alami hutan tropis dengan berbagai bentuk, sungguh pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Pulau pertama yang kami datangi adalah Pulau Dayang Bunting. Pulau ini merupakan warisan dunia. Pulau Dayang Bunting ini memiliki sebuah danau air tawar atau tasik yang sangat luas dan untuk mencapai danau ini kita harus berjalan kaki sekitar 10 menit dari bibir pantai.



Nama Dayang Bunting sendiri didasarkan pada Legenda Tasik Dayang Bunting ini atau Putri Mambang Sari. Dikisahkan seorang putri kayangan bernama Mambang Sari memiliki paras yang cantik jelita. Sang putri sangat suka dan gemar sekali bermain dan mandi di danau ini. Hingga suatu waktu seorang raja bernama Mat Teja lewat di sekitar danau dan melihat sang putri. Melihat kecantikan sang putri, Mat Teja langsung jatuh hati. Segala upaya dilakukan sang raja untuk menaklukkan hati sang putri, namun upaya itu tidak pernah berhasil. Hingga akhirnya ia bertemu dengan seorang guru sakti, yang menyarankannya agar membasuh wajahnya dengan air mata putri duyung. Singkat cerita, berkat saran guru sakti tersebut putri Mambang Sari pun takluk kepada Mat Teja dan merekapun menikah. Dari pernikahan tersebut, putri Mambang Sari melahirkan seorang anak, sayangnya kebahagiaan itu tidak berlangsung lama. Buah hati mereka meninggal dunia di hari ketujuh setelah kelahirannya, disebabkan penyakit misterius yang diderita sang anak. Dengan kesedihan yang mendalam, sang putri meletakkan jenazah anaknya di dalam danau ini, lalu ia kembali ke kayangan. Menurut masyarakat setempat, sebelum sekembalinya sang putri ke kayangan, ia membacakan mantera pada danau ini sebagai penawar bagi pasangan yang belum memperoleh keturunan/anak. (berbagai sumber)


Pulau Dayang Bunting


Danau Dayang Bunting

Danau Dayang Bunting
Pose Dulu - Tasik Dayang Bunting

Di Danau Dayang Bunting ini sendiri kita tidak hanya bisa sekedar menikmati danau dengan hanya memandangnya saja namun bisa juga menikmati berbagai macam permainan air serta berenang disini, wah asyik ya hehe. Setelah 1 jam berlalu kami pun kembali kekapal untuk melanjutkan perjalanan menuju pulau lainnya, yup kami diberi waktu 1 jam saja dalam paket Hoping Island ini untuk menikmati Pulau Dayang Bunting ini, selanjutnya kami menuju tempat pemukiman elang, yup sesampainya di tempat berkumpulnya elang-elang ini kami langsung menyaksikan puluhan elang terbang rendah untuk mencari mangsa di permukaan laut, sungguh pengalaman yang luar biasa. Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan menuju ke Pulau Pasir Basah, pulau tropis berpasir putih nan indah ini memiliki garis pantai yang sangat panjang. Kami diberi waktu sekitar 1 jam untuk menikmati pulau ini, akhirnya kami manfaatkan untuk makan siang dengan bekal yang kami bawa sedari pagi dari pelabuhan hehe. Selanjutnya kamipun melanjutkan perjalanan pulang menuju pelabuhan awal kami dibawa tadi.


Pulau Beras Basah


Pulau Beras Basah


Pose Dulu


Selanjutnya kemana kita, yup dari laut saatnya kita menuju ke kawasan pegunungan ya hehe, adalah Cable Car Langkawi, setibanya di sini kami mendapati begitu ramainya pengunjung hari ini, yup faktor utama pastinya karena liburan natal yang membuat wisatawan dari lokal maupun macanegara berdatangan kesini. Antrian tiket pun cukup panjang, ya walaupun kami telah membeli tiket sehari sebelumnya dari Kak Rina namun kami diharuskan untuk mendaftar ulang untuk konfirmasi apalagi hari ini sangat ramai sekali pengunjung. Nah jadi dengan tiket seharga RM 55 ini kita ternyata dapat memasuki 4 kali area permainan ataupun pertunjukan antara lain Cable Car, SkyTrex, SkyDom dan Museum 3D. Saat itu waktu menunjukkan jam 3 sore namun karena padatnya pengunjung hari itu kami baru mendapatkan jadwal untuk menaikin Cable Cab jam 5.45 sore. Oh ya untuk kalian yang mencari Promo Tiket Event Murah cek nya di Tokopedia ya klik nih.  


Langkawi Cable Car Area


Pose Dulu - Langkawi Cable Car Area

Akhirnya sembari menunggu kami tentu memanfaatkan permainan yang ada yang termasuk dalam paket tiket kami tersebut. SkyDom adalah pertunjukan pertama yang kami masuki. Nah pertunjukkan selama 5 menit ini menampilkan pertunjukan layar 360 derajat yang menceritakan sekilas tentang luar angkasa hehe, lalu selanjutnya kami memasuki arena pertunjukan Sky Trex, nah disini ternyata lebih seru, kita akan memasuki studio 4 Dimensi dengan menggunakan kacamata 4D kedalam dunia Dinosaurus saat berkuasa dimuka bumi ini asyekkk. Pertunjukan seru ini sayang sekali cuma 5 menit saja haha, rasanya kurang puas jadinya. Tidak terasa waktu untuk menaiki Cable Cab pun tiba kami langsung masuk antrian untuk menaiki Cable Cab ini. Dalam satu Cable Car muat 6 orang nah karena kami satu rombongan ber 5 akhirnya hanya berlima saja dalam Cable Cab ini, kebetulan tidak ada Traveler yang sendiri jadi tidak ada yang mau nyelip hehe. Wah deg deg kan ya wkwk, serem juga ternyata ini hahaha. Sesampainya diatas serasa semua lelah untuk menunggu terbayarkan dengan hembusan angin gunung yang menusuk ke pori-pori serta pemandangan indah hutan serta pantai langkawi ini.

Langkawi Cable Car


Langkawi Cable Car

Langkawi Sky Bridge



Kemudian diatas puncak ini juga berada Jembatan Langit alias Sky Bridge yang sungguh menantang adrenalin ini untuk menyebranginya, nah untuk memasuki area jembatan ini pengunjung diharuskan membayar sebesar RM 5 per orang atau RM 15 bagi yang ingin mendapatkan fasilitas menggunakan Sky Bridle untuk turun menuju jembatan ini. Kami memilih tiket seharga RM 5 yang artinya untuk mencapai jembatan ini kami diharuskan menuruni anak tangga sepanjang 230 meteran, yah hitung-hitung olahraga hehe. Sesampainya dijembatan ini sungguh menakjubkan dan rasanya tidak sia-sia datang jauh-jauh kesini. Jembatan ini juga terdapat lantai kaca yang memantang adrenalin untuk berjalan diatasnya wow, berani coba?

Setelah puas menikmati jembatan langit kami pun mengantri kembali untuk turun kembali kebawah. Hari sudah cukup malam akhirnya kami mencari makan dan kembali kepenginapan. 


Datarang Lang - Langkawi

Pagi ini bertepatan dengan Hari Natal ya, selamat natal semua bagi kalian yang merayakan. Nah hari ini kami harus meninggalkan Langkawi yang dijuluki Permata Kedah ini untuk menuju Pulau Pinang alias Penang. Setelah sarapan kami menikmati suasana di Dataran Lang yang berada disamping Pelabuhan Jetty Pulau Langkawi ini, pukul 3 sore kami berangkat menuju Penang dengan kapal ferry yang memakan waktu 3 jam an ini dengan harga tiket sebesar RM 70 yang sudah kami pesan online beberapa hari yang lalu. Untuk jadwal kapal ke Penang sendiri dari Langkawi hanya 2 kali sehari yaitu pukul 10 pagi dan pukul 3 sore. Oh ya buat kalian yang didalam negeri mau travelling cek harga tiket kereta api termurah klik sini ya. 

Sampai Jumpa di Penang atau Pulau Pinang…


24 comments:

  1. Mantaaap bro....klo buat solo traveler agak susah ya hrus sewa kendaraan gitu, gak ada bus umum gitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe ia bro kalo solo traveller sewa motor aja lebih terjangkau, ia susah engga ada kendaraan umum broh

      Delete
  2. waah pas banget akhir minggu ini mau ke langkawi, thanks untuk sharingnya bang gak sabar buat kelangkawi besok. oh ya itu judunya mungkin bisa di edit bang jadi" PERMATA "

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba yayuk, wkwkwkwk ia ya koq jadi pertama huahahahahah, thanks mba hihihi. Hooh mba langkawi tidak mengecewakan mantap deh pokoknya hehe

      Delete
  3. Seru bgt ini.. semoga segera bisa ke sini lah.. thanks for sharing.. mantap infonya ��

    ReplyDelete
  4. kece ya langkawi ada cable car dan jembatannya, kayaknya bakal jadi destinasi tahun ini

    ReplyDelete
  5. Bagus ya pulau2 di sana. Jadi harus sewa mobil ya. Keren �� pas malam lampu2nya cakep ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ia bagus banget, hooh sewa mobil atau motor pastinya lebih gampang akses kemana mana

      Delete
  6. Pengen tahu arti Mambang itu apa ya? sering denagr lagu apa pantun yang bilang mambang ini mambang itu apalah apalah :D

    Btw kece ya tempatnya. Tapi biar jauh di ujung utara, pekerja-pekerjanya tetap juga banyak orang Indonesia haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, ia teh walopun perjalanan cukup jauh kesana tp tidak sia2 kalo dah sampai sana hehe

      Delete
  7. Cable carnya bikin bergidik, saya nggak yakin mau menaiki transportasi ini. Takut, hehe..

    Liburannya seru ya mas, Indonesia memang keren banyak pulau yang bisa dieksplor tanpa habisnya, termasuk pulau Langkawi ini :)

    ReplyDelete
  8. Salah fokus sama jajanan pasar yg di atasnya ada angry birds. Luccu! Hehe

    ReplyDelete
  9. kemarin aku cuma sempet ke skybridge aja pas di sana :(

    ReplyDelete
  10. wah langkawi, bikin rindu. keren banget langkawi ini emank

    ReplyDelete
  11. Waaahh,, makasih banyak ya infonya Bang,, sangat membantu..
    Sekedar gambaran aja,, untuk trip Abang dari Batam ke Langkawi itu tahun berapa ya??
    Truz kalo bole tau,, brp budget Abang pas ke Langkawi itu dengan semua obyek wisata di tulisan ini??
    Makasih banyak sebelumnya :)

    ReplyDelete
  12. Bagus jembatannya ya..sepertinya mirip kelok 9.

    ReplyDelete

Anyone can give the idea, information or question
Dont Be Shy.....

Featured Post

CUBE Boutique Capsule Hotels Kampong Glam Singapore