Our social:

Adventure | Traveler | Challenge | Lifestyle

Friday, October 20, 2017

D'Steam Peranakan Live Seafood Batam, Pengalaman Makan Seafood Enak


D'Steam Live Seafood Batam - 

Kamis malam (19/10) saya bersama teman-teman mendatangi D'Steam Peranakan Live Seafood yang berada di kawasan Seraya, yang mana restoran ini sendiri baru saja launching. Awalnya masih belom paham apa itu istialah 'Peranakan' (maklum masi awam hehe). Setibanya di depan restoran langsung saya dapati sejarah istilah Peranakan itu yang berada di dinding sebelah kiri restoran yang cukup luas dan memiliki kapasitas tempat duduk yang lumayan banyak. Wah baru paham deh istilah peranakan itu apa, ternyata bukan masalah seafood yang dimasak beranak pinak dan sejenisnya, melainkan Orang Peranakan, Tionghoa Peranakan (atau hanya 'Peranakan', dan 'Baba-Nyonya' di Malaysia) adalah sebuah istilah yang digunakan oleh para keturunan imigran Tionghoa yang sejak akhir abad ke-15 dan abad ke-16 telah berdomisili di kepulauan Nusantara (sekarang Indonesia), termasuk Malaya Britania (sekarang Malaysia Barat dan Singapura). Di beberapa wilayah di Nusantara sebutan lain juga digunakan untuk menyebut orang Tionghoa Peranakan, seperti 'Tionghoa Benteng' (khusus Tinghoa-Manchu di Tangerang) dan 'Kiau-Seng' (di era kolonial Hindia Belanda). Istilah 'Peranakan' paling sering digunakan di kalangan etnis Tionghoa bagi orang keturunan Tionghoa, di Singapura dan Malaysia orang keturunan Tionghoa ini dikenal sebagai Tionghoa Selat.

Tampak Depan - D'Steam Live Seafood

D'Steam Live Seafood sendiri ternyata menyajikan berbagai pilihan menu Peranakan Live Seafood yang merupakan perpaduan kuliner Tionghoa dan Melayu/ Nusantara yang sampai saat ini masih satu-satunya di Batam. 

Konsep restoran ini juga sungguh mempesona dengan suasana alam yang begitu kental, sebut saja lantai karpet yang berbentuk rumput taman yang hijau menghiasi lantai dan terdapat taman rumput yang terletak ditengah-tengah restoran ini. Diatas meja tentu juga terdapat kukusan modern yang siap untuk digunakan memanaskan makanan seperti sayur-sayuran dan sejenisnya. 

Seafood Hidup yang siap dimasak


Berbagai pilihan seafood yang siap dimasak

Untuk pilihan menu juga sangat banyak, dan menu yang tersaji disini menggunakan bahan-bahan utama yang masih hidup dan segar pastinya, yang selanjutnya akan diolah oleh para koki yang berpengalaman khusus di bidang kuliner peranakan, wow benar-benar menggoda.

Saya mencoba salah satu menu andalan restoran ini, yaitu Sup Ikan Pedas Peranakan, yang merupakan perpaduan antara ikan segar yang baru saja dimasak dengan cabe pedas dan bumbu peranakan, yang terasa begitu gurih dan segar dilidah saat melahapnya nyummy deh. Kemudian saya juga mencoba Ikan Asam Pedas peranakan yang bener-bener khas terasa bumbu peranakannya. Tidak berhenti di makanan olahan laut saja, kemudian saya juga mencoba olahan Ayam Bumbu Kemangi yang terasi wangi menggoda.


Sup Ikan Pedas Peranakan

Ikan Asam Pedas Peranakan

Ayam Masak Dengan Kemangi dan Sayur Mayur
Kukusan diatas meja / Live Seafood


Nah setelah puas menikmati hidangan, kita juga bisa berphoto dan berselfie ria disini hehe (kekinian) dimana telah disediakan sebuah tempat untuk berphoto bersama teman, ataupun keluarga yang di desain begitu elegan dan bikin betah berlama-lama berphoto hahaha.

Pojok Selfie dan Photo Bareng hehe

Pojok Selfie dan Photo Bareng


Oh ya restoran ini sendiri buka setiap hari mulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 24.00WIB, so kalian harus mencobanya sendiri ya sensari kelezatan dari restoran seafood peranakan ini.


D'Steam Peranakan Live Seafood
Komp. Kampung Seraya Blok II No.02
(Belakang Hotel Seruni / RS. Harapan Bunda)
Seraya - Batam
Telp. 0778- 4881809



6 comments:

Anyone can give the idea, information or question
Dont Be Shy.....