Ada Wisata Apa Sih di Pekanbaru Riau ? - livejournalofasad.com

Wednesday, October 24, 2018

Ada Wisata Apa Sih di Pekanbaru Riau ?

Pekanbaru - Riau

Liburan 3 (hari) enaknya kemana ya? Karena liburan cukup singkat ini maka inginnya sih ke tempat yang mudah dijangkau dan tentunya memiliki harga transportasi yang cukup terjangkau pula. Akhirnya aku bersama temanku memutuskan untuk meng explore ibukota dari salah satu provinsi terkaya di negeri ini, yaitu Riau. Pekanbaru merupakan ibukota dari provinsi ini. Dan akses untuk masuk ke Pekanbaru juga cukup mudah karena adanya Bandara Internasional yang siap membawa kita kesana.Tentunya sebelum berangkat aku bersama temanku telah membaca beberapa artikel dari internet tentang kota ini dan salah satu cara terbaik untuk explore kota ini adalah dengan membawa kendaraan sendiri. Akhirnya kami memutuskan untuk menyewa sepeda motor untuk 3 (hari).

Kami sampai di Pekanbaru pukul 3 (tiga) sore. Batam ke Pekanbaru sangat dekat dalam ukuran perjalanan dengan pesawat terbang, karena hanya membutuhkan waktu sekitar 50 menit saja alias kurang dari 1 jam loh. Sesampainya di Pekanbaru kami langsung menghubungi pemilik salah satu penyewaan sepeda motor disini, yang telah kami pesan sebelumnya. Selesai persyaratan administrasi dan membayar uang sewa dimuka, akhirnya kami bisa melaju mengendarai sepeda motor ke Jalan Raya Pekanbaru. Oh ya penyewaan sepeda motor disini hanya 130ribu rupiah untuk waktu 24 jam. Tentunya BBM beli sendiri ya hehe. Berbekal informasi dari internet yang telah aku dapatkan sebelumnya akhirnya kami memutuskan untuk menginap didaerah sekitar Masjid An Nur yang sangat terkenal di kota ini.

Menikmati Matahari Terbenam di Masjid An Nur Pekanbaru

Masjid An Nur Pekanbaru

Masjid An Nur ini adalah masjid terbesar yang ada di Pekanbaru. Lokasi masjid ini sangat strategis karena berada di pusat kota. Design masjid ini sangatlan indah dan menakjubkan karena seperti istana didalam cerita Aladin. Masjid ini juga memiliki kubah yang sangat besar, dan bahkan banyak yang menyamakan masjid ini dengan bentuk Taj Mahal yang ada di India. Mungkin melihat kolam dan empat menaranya yang indah, sehingga sekilas masjid ini memang sedikit menyerupai bangunan bersejarah dan salah satu keajaiban dunia yaitu Taj Mahal. Selain fungsi utamanya sebagai tempat ibadah, ternyata lokasi halaman masjid ini juga difungsikan sebagai fasilitas umum masyarakat, dilihat dari banyaknya aktivitas orang-orang, mulai dari jogging, bermain bola, ataupun duduk manis sem sembari menikmati matahari tenggelam hingga menunggu azan magrib berkumandang.

Matahari Terbenam di Masjid An Nur Pekanbaru

Makan Malam di Mal SKA Pekanbaru

Setelah menikmati sunset yang indah di Masjid An Nur, kami melanjutkan perjalanan ke pusat perbelanjaan atau mal terbesar di kota ini. Namanya Mal SKA. Mal ini terletak di Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru. Mal ini berdesign modern dan terlihat sangat megah. Saatnya berburu kuliner disini.

Mall SKA Pekanbaru

Menuju Wisata ke Siak Sri Indrapura

Kami bangun pagi dan langsung mempersiapkan diri. Hari ini kami akan mengunjungi Siak Sri Indrapura. Siak adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Riau. Kabupaten Siak berjarak kurang lebih 100 km dari pusat Kota Pekanbaru. Dengan jarak kurang lebih 100 km Siak-Pekanbaru dapat diperkirakan bisa ditempuh dalam waktu tempuh sekitar 2 jam mengunakan sepeda motor atau mobil. Berbekal aplikasi Google Maps kami melaju menelusuri jalan raya Pekanbaru menuju jalan raya lintas sumatera menuju Siak Sri Indrapura. Ada kesalahan di aplikasi google maps di handphone kami kali itu. Ternyata jalur menuju Siak belum ter-update sepenuhnya, sehingga kami pun harus memutar tujuan karena jalan pintas ke Siak sudah tertutup portal perusahaan pengolahan kelapa sawit. Kami juga sempat menanyakan perihal kenapa rute ini ditutup portal kepada salah satu petugas yang berjaga tidak jauh dari lokasi. Setelah bertanya akhirnya kami mengetahui perihal tutupnya jalur ini, ternyata jalan ini sudah ditutup beberapa bulan lalu oleh pihak pabrik pemilik lahan, mereka tidak memperbolehkan lagi melintasi jalan ini karena memasuki kawasan mereka.

Jembatan Siak Sri Indrapura

Ya pasrah deh harus jalan memutar sedikit hehe. Kami melanjutkan perjalanan , tidak terasa waktu di jam tangan saya menunjukkan pukul 11 siang ketika kami tiba di Kabupaten Siak Sri Indrapura. Jalan menuju Siak masih tergolong baik, hanya saja kita harus tetap berhati hati karena rutenya yang berlika-liku terhadap kendaraan besar yang berlawanan arah.

Istana Siak Sri Indrapura

Memasuki Kabupaten Siak, aku begitu terkagum-kagum dengan tata taman-taman jalannya yang rapi, bersih dan jauh dari kata kotor. Ditambah lagi Jembatan Siak yang terlihat megah dan indah. Hal ini membuat kamipun berhenti sejenak dan mengabadikannya dengan kamera. Berkunjung ke Kabupaten Siak bisa jadi alternatif dan tujuan kita bila berkunjung ke Pekanbaru. Karena kota ini sangat bersejarah dan masih terjaga sampai saat ini. Seperti masjid dan barang barang peninggalan raja raja dahulu yang masih terawat dengan baik. Mengunjungi Istana Siak menjadi tujuan utama kami kesini. Istana Siak masih berdiri kokoh hingga saat ini sejak dibangun pada tahun 1889 pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim. Di dalam istana, kita bisa melihat kemegahan Kerajaan Siak pada masanya. Di sini kita juga bisa mendengar langsung cerita sejarah Kerajaan Siak termasuk silsilah sultan-sultannya yang masih berkaitan dengan Kesultanan Malaysia.

Dalam Istana Siak Sri Indrapura

Kuliner Sekitaran Siak Sri Indrapura

Penat mengelilingi keindahan Istana Siak, kamipun mencoba menikmati jajanan serta oleh oleh yang dijual tidak jauh dari halaman Istana Siak. Ada dodol buah, martabak mesir, air tebu dan banyak lagi pilihan makanan yang bisa kita jumpai di sini. Saya mencoba dodol buah yang dijual di taman ini. Selesai memborong dodol dan menikmati beberapa jajanan dan makan siang di sekitaran Istana Siak. Perjalanan kami berlanjut menuju Kelenteng Hock Siu Kiong. Kelenteng Hock Siu Kiong merupakan kelenteng tertua yang ada di Kabupaten Siak. Usianya mencapai 140 tahun. Kelenteng ini terletak beberapa meter dari Istana Siak dan masuk dalam kawasan pecinaan atau bangunan merah Siak Sri Indrapura. Kelenteng ini sangat indah, warna merahnya membuat aku ingin berfoto beberapa kali di tempat ini. Sampai waktu mengantarkan kami ketempat berikutnya.

Kelenteng Hock Siu Kiong

Menikmati Malam di RTH Putri Kaca Mayang, dan Pasar Malam Pepaya

Matahari masih tampak perkasa dan sedikit menyengat ketika kami memutuskan untuk kembali ke Pekanbaru. Waktu menunjukkan pukul 3 sore. Walaupun sedikit Lelah dengan perjalanan Pekanbaru – Siak ini namun tentu kami tetap tidak mau ketinggalan menikmati malam di Kota Madani ini. RTH Putri Kaca Mayang dan berbelanja di Pasar Malam Pepaya menjadi tujuan kami malam ini. Di RTH Putri Kaca Mayang ini selain berbelanja jajanan yang beraneka ragam, kita juga bisa menikmati permainan-permainan yang bisa kita coba di wilayah taman ini. Salah satunya yang sempat membuat kami terpancing adalah menangkap lele-lele di Tangguk Lele Zaman Now.

Putri Kaca Mayang

Pasar Malam Pepaya
Selesai mencoba beberapa jajanan yang ada di RTH Putri Kaca Mayang, kami melanjutkan perjalanan menuju pasar malam pepaya. Pasar Malam Pepaya ini tidak jauh berbeda dengan RTH Kacang Mayang. Hanya saja di Pasar Malam Pepaya ini lebih banyak menjual pakaian, sepatu, dan aksesoris dengan beraneka ragam.

Berkunjung ke Danau Buatan Lembah Sari
Hari ketiga di Pekanbaru kami melanjutkan perjalanan ke danau Buatan Lembah Sari Pekanbaru. Info Danau ini kami dapatkan setelah membaca beberapa tulisan mengenai Pekanbaru. Danau Buatan Lembah Sari terletak 10 km dari pusat Kota Pekanbaru. Untuk sampai ke danau buatan ini tidaklah sulit. Kita bisa mengendarai motor atau mobil sekitar 20 menit dari pusat kota.

Danau Buatan Lembah Sari

Biaya masuk ke Danau Lembah Sari sebesar 20 ribu rupiah. Sayang, danau ini kini tidak begitu terawat lagi. Beberapa tempat yang kami kunjungi ditempat ini terlihat kotor. Bahkan sangat banyak anjing yang berkeliaran di sekitar danau. Tak banyak yang bisa kami lakukan disini.

Belanja Oleh-Oleh di Pasar Bawah Pekanbaru
Sedikit kecewa dengan Wisata Danau Buatan Lembah Sari, kami melanjutkan perjalanan menuju pasar bawah Pekanbaru. Kabar yang aku terima di pasar ini banyak sekali dijualnya oleh-oleh yang bisa kita bawa pulang. Mendengar kabar itu tentu tidak bisa kami lewatkan untuk berkunjung ke pasar ini. Dan benar saja, banyak sekali yang bisa kita beli sebagai oleh-oleh di Pasar Bawah Pekanbaru ini. Ada gantungan kunci, berbagai macam kain songket khas Pekanbaru, keripik, dan beraneka makanan yang diolah dan dikemas sehingga menarik perhatian kami selama di Pasar Bawah ini. Untuk harganya sendiri juga cukup terjangkau dan bisa tawar menawar.

Pasar Bawah Pekanbaru

Berkunjung ke Wisata Alam Mayang

Perjalanan hari terakhir liburan di Kota Madani ini pun berlanjut. Setelah kami membeli oleh-oleh berupa beberapa gantungan kunci dan keripik-keripik kamipun melanjutkan perjalanan menuju salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di kota ini, yaitu Wisata Alam Mayang Pekanbaru. Wisata Alam Mayang ini terletak tidak jauh dari pusat kota sehingga tidak sulit untuk mencapainya. Tiket masuk kelokasi ini adalah 20ribu rupiah perorang dan biaya parkir sepeda motor kami 4rb rupiah.

Pepohonan nan rimbun langsung menyambut kami seketika setelah kami memasuki kawasan wisata ini. Angin sepoi-sepoi terasa begitu segar disiang hari yang terik ini. Wisata Alam Mayang ini ternyata sangat menarik. Banyak sekali wahana permainan yang bisa kita coba disini, mulai dari kereta naga, sepeda air, bombom car, ATV,safari train dan banyak lagi. Selain itu diarea ini juga sangat cocok sekali untuk dilakukan kegiatan seperti outbound ataupun gathering karena areanya yang sangat luas dan asri.

Taman Pancing dan Wisata Alam Mayang Pekanbaru

Wisata Alam Mayang Pekanbaru

Pegipegi.com

Tidak terasa siang telah berlalu menuju sore, dan saatnya kembali ke Batam. Aku membeli tiket pesawat dengan jadwal terbang sore. Oh ya aku membeli tiket pesawatnya melalui aplikasi pegipegi.com. Aku mendapatkan tiket murah dengan memesan dari aplikasinya. Aku suka memesan tiket pesawat maupun hotel dari aplikasi ini soalnya tampilannya praktis namun lengkap dan pembayarannya juga mudah dan banyak pilihan dan yang utama itu sering banyak promo sih haha, tiket pesawat, tiket kereta dan hotel juga banyak promo dari pegipegi.com ini.

Akhir kata, sampai jumpa lagi dicerita dan petualanganku selanjutnya. Sampai Jumpa
more fun at www.livejournalofasad.com

62 comments:

1. Ya ampun bang itu masjid An Nur nya indah banget...benarlah seperti taj mahal. Bakalan masuk list traveling aku ini mah kalo ke pekan baru..

Browsing tiket dipegipegi ah ..mana tau ada promo menarik

Replies
    1. Yes kak masjidnya keren banget nih, klo ke Pekanbaru harus main ke masjid ini kak

Delete
  2. Indahnya, aduh bikin envy deh pengen ke sana juga. coba deh buka pegipegi.com siapa tau lagi beruntung terus dapat diskon, mayan jalan-jalan

ReplyDelete
  3. Bener banget nih bg.. enak yaaa kalau dpt diskon di pegipegi.com jadi bisa jalan2 terus liburan terus hahaha
    Btw, riau lumayan juga ya bg wisatanya. Boleh ntar cek tiket kesananya hhi

Replies
    1. iya loh ca, ternyata Pekanbaru dan sekitarnya ini sangat menarik untuk dikunjungi

Delete
  4. wahh pekanbaru..longtime no see.. kota masa kecilku.perkembangannya pesat banget sekarang..nanti mo libur main2 ah ke semua yang direkomendasikan babang asad..

Replies
    1. hihhi cuss kak kapan2 kita main ke Pekanbaru bareng yok yok hehe, mana tau ada diskon dari pegipegi lagi kan xixixixi

Delete
  5. wah boleh nih liburan ke pekanbaru, mana tau dapet diskon juga dari pegipegi.com 😁

1. u la la, ia nih asik juga ternyata liburan ke Pekanbaru dan sekitarnya hehe

Delete
  6. Udang, Istana Siak dan Masjidnya menggoda untuk disinggahi. Aku juga kalo pesen tiket dari pegipegi.com kadang lebih murah hehe.

Replies
    1. ia Istana Siak dan Masjid An Nur ini keceh banget loh, harus liat sediri secara langsung ntr ya

Delete
  7. Keren banget ya, kapan-kapan yok kita agendakan kita liburan ke Pekanbaru bangku

Replies
    1. hehe yoi keren banget ini ternyata Pekanbaru dan sekitarnya, next bolehlah kita mampir sini lagi hehe

Delete
  8. Wah banyak tempat cakep di Pakanbaru ya... Ok..catet deh, mudah2an bisa ke sana juga kapan2..

ReplyDelete
  9. Aduh, Istana Siak itu cakep banget! Tar mampirin ah kalau ke Pekanbaru. :)

10. Kesalahan nih buka artikel ini pas belum makan. Aku ngiler lihat foto sejenis nasi padang di sini. Kan,, jadi kangen jalan-jalan ke Pekanbaru lagi. Apalagi bagian makan martabak mesir. Duh,, tambah laper.

11. Salah satu yang membuat saya pengin banget ke Riau ... bangunan masjid sama istana siak ... duuuh, harus segera jadwalin kayaknya

ReplyDelete
  12. Dulu bnget pernah ke pekanbaru, kyknya skrng infrastrukturnya maju banget ya. Ternyata pakai pegipegi juga, tos dulu ah :)

13. Waahhh tempat wisatanya keren keren angett ya di pekanbaruu. Someday harus mampir ke pekanbaru :D

14. Dulu waktu masih ngantor, kalau dapat tugas ke Sumatera biasanya ke 3 kota yaitu Pekanbaru, Batam, dan Medan. Tatpi, biasanya di Pekanbaru gak pernah menginap. Datang pagi, sore udah terbang ke Medan. Kapan-kapan harus lebih lama ke Pekanbaru. Apalagi ke Siak :)

1. hahahah ia loh kak next main ke Pekanbaru sempetin explore kak hehe

Delete
  15. Terakhir ke Pekanbaru tahun 2006!. Wkkwkwkw btw dulu ada moment seminggu di Pekanbaru. Waaahhh skrg makin menarik untuk di kunjungi. Segera check flight schedule di PegiPegi deh . Thanks sharing info yaaaa.... salam Kenal ; DuniaIndra.com

Replies
    1. hahahaha salam kenal kak, cusslah kak main lagi ke Pekanbaru yang udah 12 tahun kan

Delete
  16. Waaah ke Masjid An Nur juga ya. Baru tahu bentuk keseluruhannya kayak gini. Cantik banget ya. Btw ini markas besarnya Ustad Abdul Somad kata para artis (Dude Herlino dkk). Oh ya nggak sekalian ikut kajiannya gitu Sad? Padahal waktunya pas banget. Udah saatnya loh jalan-jalan sambil ngaji. Memanfaatkan masa muda untuk hal-hal yang lebih berfaedah. Dunia dapat akherat juga dapat. *lipat mic wkwkwk

Replies
    1. Upsssss, siap teteh2ku hehe. Ia teh nih Masjid keren banget next kalo main ke Pekanbaru lagi mau berlama-lama di Mesjid ini

Delete
  17. 3 hari aja banyak tempat yg bisa dikunjungi ya... Seru :)

ReplyDelete
  18. Wah jadi pengen banget ke pekan deh, waktu kesana cuma sampai taman Kota aja.. seru ya liburan disana

19. Masjid An Nur cakep yaa.. Siluetnya terlihat seperti Taj Mahal. Makasih infonya, Sad. Bisa nih dijadiin panduan kalo ke Pekanbaru

20. jadi inget dulu ke istana siak jadi kepo karena lihat foto suami lira virna (artis tahun 2000an). Ternyata suaminya masih keturunan bangsawan siak

ReplyDelete
  21. oleh-oleh & makanannya bikin ngiler! kebetulan ada teman di siak, jadi kayaknya bisa juga nih next time jalan-jalan ke riau :D

1. wkwkwk ia kak oleh2nya enak enak hehe, cuslah jadwalin main kesini kak

Delete
  22. Cantik banget Istana Siak, kulinernya juga menggoda sekaliii..

ReplyDelete
  23. Ittinerary nya boleh diikutin nih kalau ke Pekanbaru. Thanks.

24. Wah Riau punya banyak tempat menarik ya
    Jadi pengen ke sana. Mudah2an suatu hari nanti diberi rejeki agar bisa menjejak kota cantik ini

ReplyDelete
  25. Mupeng berkunjung ke Istana Siaknya. Aku seneeeng banget dengan wisata sejarah, tiap ke mana yang dicari bangunan cagar budaya. Semoga suatu hari bisa ke Pekanbaru keliling2 sewa motor��

26. saatnya memasukkan riau sebagai tujuan keluarga selanjutnya. kayaknya lebih comfort ya bang?

27. Boleh dicontek nih tujuan wisatanya kalau nanti ke pekanbaru, selama ini baru dengan cerita temen yang berasal Dari Sana, kalau cerita soal pekanbaru bikin mupeng

ReplyDelete
  28. Ah kangen juga main ke Pekanbaru. Deket mesjid An Nur Ada RM Upik yg masakan Melayu nya juaraa

29. Wah, byk juga ya yang bisa dikunjungi di sini. Penasaran dengan Siak Sri Indrapura nih :)
    Dulu ke sini cuma transit sebentar doang sih, jd hanya sempet ke Gedung MTQ huehe.

ReplyDelete
  30. Sekilas masjid di Pekanbaru itu memang mirip Taj Mahal, bro. Kebersihan kabupaten Siak juga sudah sering kudengar, jadi mirip kota-kota di Malaysia ya. Jembatannya keren banget!

Yang kotor air danaunya atau area sekitarnya, bro?

Anyone can give the idea, information or question