Perjalanan Darat dan Laut Dari Batam, Johor Ke Langkawi Malaysia - livejournalofasad.com

Wednesday, December 27, 2017

Perjalanan Darat dan Laut Dari Batam, Johor Ke Langkawi Malaysia

Langkawi - Permata Kedah

Bagi kita yang tinggal di Kota Batam atau yang sedang berada di Batam sangat beruntung karena daerah ini berbatasan langsung dengan Negara Singapore dan Malaysia, sehingga jika ingin berlibur ataupun berkunjung kesana tersedia transportasi laut dan darat yang pastinya harganya lebih hemat daripada menggunakan pesawat kan. Nah libur Natal kali ini aku bersama teman-teman memanfaatkan liburan ke Negara Seberang yaitu Malaysia tepatnya kali ini kami akan mengunjungi Pulau Wisata nan Eksotis Langkawi di Kedah Malaysia dan Kota Tua Warisan Dunia Peninggalan Bangsa Inggris di Penang.

Perjalanan dimulai dari Batam tempat kami bermukim, kami membeli tiket pulang-pergi seharga Rp. 300.000,- dari Pelabuhan Batam Centre menuju Pelabuhan Stulang Laut di Johor Bahru Malaysia. Jadwal keberangkatan yang kami ambil adalah Pukul 14.45 WIB yang mana dikarenakan ini adalah libur panjang kami telah mempersiapkan diri dengan membeli tiket beberapa hari sebelumnya dan melakukan Check In satu hari sebelumnya untuk menghindari kehabisan seat nantinya. Nah sekarang Check In keberangkatan ferry bisa dilakukan by Phone ke kantor Check In yang berada di pelabuhan. Nah benar saja pada hari H ternyata saat kami Check In ulang sekitar 1 jam sebelum keberangkatan di jadwal yang kami inginkan ternyata sudah full seat, untung saja kan sudah Check In sehari sebelumnya sehingga sudah terdata. Siang menuju sore itu tampak sangat ramai di pelabuhan Internasinal Ferry Batam Centre ini, ya jelas saja karena ini adalah libur panjang yang merupakan waktu surganya para pekerja seperti saya ini hehe. Perjalanan ferry menuju Pelabuhan Stulang Laut di Johor Bahru memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Setibanya di Stulang Laut kami disambut hujan rintik-rintik di sore hari. Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan menuju Terminal Bus Larkin. Nah setelah keluar dari Pelabuhan kami dikarenakan ramai yaitu berlima, maka kami langsung memutuskan untuk share cost naik taxi saja, dan karena berlima kami terpaksa mencari taxi yang besar yang akhirnya sepakat untuk RM 30 menuju Terminal Larkin yang sebenarnya tidak terlalu jauh dari pelabuhan ini. Setibanya di terminal larkin, tampak keramaian orang-orang berlalu lalang membawa koper-koper besar, ini apa pada mau mudik kali ya pikirku. Kami langsung menuju konter Bus KPB Express yaitu bus VIP yang telah aku pesan kira-kira 10 hari yang lalu seharga 390rb, lebih tinggi sekitar 30rb rupiah dari hari-hari normal.

Jadi teringat beberapa hari silam waktu itu kejar-kejaran dengan waktu bolak-balikin situs online buat pesan 5 buah tiket di bus yang sama dengan jadwal keberangkatan malam hari, yup untuk perjalanan jauh  dimusim liburan seperti ini apalagi bepergian lebih dari 1 orang wajib sepertinya hukumnya jika kalian ingin mendapatkan tiket bus memesannya jauh-jauh hari ya, jika tidak terima nasib lah jika tidak kebagian tiket bus.

Jadwal bus kami adalah pukul 21.30 WIB menuju Kuala Kedah di Kedah, dengan estimasi waktu perjalanan adalah 11 hingga 12 jam perjalanan. Pukul 21.45 kami memulai perjalanan menuju Kuala Kedah. Hujan lebat sepanjang jalan mengiringi perjalanan kami malam itu. Suhu didalam bus empuk berkapasitas 30 orang ini sangatlah dingin, jadi sangat disarankan membawa jaket ataupun kain tebal jika kalian berencana melakukan perjalanan dimalam hari dengan bus yang memakan waktu lama, ya sengaja dipilih bus malam buat menghemat biaya penginapan juga dong hehe.

Bus Johor ke Kuala Kedah
Penampakan Dalam Bus Johor - Kuala Kedah

Disepanjang perjalanan bus berhenti beberapa kali di rest area jadi buat yang ingin buang air atau mencari minum aman koq hehe. Pukul 10 pagi kami baru tida di Kuala Kedah, wak ternyata estimasi maximalnya ya 12 jam perjalanan hehe. Nah kuala kedah sendiri adalah salah satu tempat yang memiliki pelabuhan ferry untuk menyebrang menuju ke Pulau Langkawi, pilihan lainnya yaitu dari Kuala Perlis yang sebenarnya lebih dekat ke Langkawi, namun 10 hari sebelumnya tiket bus menuju kuala perlis sudah habis terjual, the power of long weekend ini. Jadwal ferry menuju Langkawi dari Kuala Kedah ini sendiri setiap jam dimulai dari pagi hingga terakhir pukul 5 sore waktu setempat. Nah untuk tiket ferry ini dengan pertimbangan estimasi kedatangan kami kesini yang masih meraba atau tidak tahu jelas dan karena berfikir ferrynya kan ada setiap jam jadi kami tidak memesan online sebelumnya. Akhirnya kami mendapatkan tiket untuk 2 kali trip berikutnya hehe, seharga RM 23 per orang. Waktu tempuh menuju Langkawi yaitu kurang lebih 1 jam 45 menit. Dan akhirnya tibalah kami di Langkawi, Permata Kedah.

Terminal Ferry Kuah - Langkawi

To Be Continued...

10 comments:

1. Wah wah, ditunggu lanjutan ceritanya.
    Terminal Ferry Kuah, bagian depannya hampir mirip sama Puteri Harbour Johor.

Replies
    1. Hahaha ia ditunggu ya kelanjutannya segera launching

Delete
    2. Selama covid ini. Ada karantina dulu kak bang. Dr batam nyebrang ke johor

2. mantaaap jga ya naik bus nya 12 jam...😥

ReplyDelete
  3. salah satu kebahagian jadi warga batam, liburanya ke LN terus yah bang, dan ini seru banget jalan-jalan ke langkawi via darat. gak kepikiran sebelumnya.

4. Keren banget untuk liburan weekend terkejar nggak ya kalau kesana mas agus

5. OOh Langkawi itu masuk ke Kedah ya? Punya teman orang sana, semoga kapan-kapan bisa main ke Kedah terus nyebrang ke Langkawi.

6. hm... jadi pingin coba juga ni, di tunggu om asad lanjutannya, seru sekali

Anyone can give the idea, information or question