Our social:

Adventure | Traveler | Challenge | Lifestyle

Friday, November 18, 2016

Wisata Pulau Abang Bersama Galang Bahari Wisata

www.livejournalofasad.com -  @Pulau Ranoh  - Galang Bahari Wisata

Mendung pagi itu (13/11/2016) tak menyurutkan semangatku untuk bangun pagi-pagi sekali dan menyiapkan beberapa perlengkapan untuk berbasah-basah ria, yup hari ini di bela-belain bangun tidak seperti bisanya saat hari minggu seperti ini ya pastinya masih terlelap hingga mata lelah terpejam haha. Pukul 7.30 pagi ini aku bersama teman-teman telah berjanji untuk berkumpul di titik pertemuan top 100 tembesi dimana bus yang akan membawa kami menuju pelabuhan penyebrangan ke Pulau Abang menanti kedatangan kami. Yup hari ini saya dan teman-teman dari komunitas Blogger Kepri akan mengunjungi salah satu spot snorkling kebanggaan masyarakat Kota Batam pada khusunya, yup Pulau Abang dan pulau - pulau di sekitarnya sudah sangat terkanal akan keindahan kekayaan ekosistem bawah lautnya dan hari ini saya akan membuktikannya.


Tepat pukul 08.00 akhirnya bus pun bertolak dari titik pertemuan top 100 tembesi menuju pelabuhan penyeberangan di pulau galang baru Barelang. Langit tampak sudah sangat meredup pesonanya dan benar saja selang beberapa menit perjalanan akhirnya awan pun menumpahkan isinya yup hujan menemani perjalanan kami pagi itu. Kurang lebih 1 jam perjalanan yang kami tempuh akhirnya tibalah kami disebuah pelabuhan di pulau galang baru, pelabuhan ini dinamakan Pelabuhan Pari ujar teman-teman dari Galang Bahari Wisata yang sedari tadi telah menunggu kedatangan kami, lalu kami pun di tuntun menuju dermaga dan terdapat 2 buah kapal pancung yang telah siap membawa kami menuju keseberang pulau yaitu Pulau Nguan yang merupakan markas besar dari Galang Bahari Wisata yang kali ini akan membawa kami menikmati keindahan spot-spot snorkling yang ada disekitarnya. 


Dermaga Pelabuhan PT Pari di Galang - In Frame @zackamega & Friends

Hanya membutuhkan waktu 5 menit saja kamipun tiba di Pulau Nguan lalu kamipun disambut ramah oleh pemilik Galang Bahari Wisata, sebut saja Bang Zack Sparrow. Markas Galang Bahari Wisata ini adalah sebuah rumah singgah diatas air yang cukup luas dan nyaman, terdapat beberapa buah kamar peristirahatan dan kamar mandi yang cukup banyak.

Setelah berganti pakaian dan meninggalkan barang-barang yang tidak diperlukan dalam kegiatan snorkling kamipun berkumpul dan mendengarkan beberapa arahan dari para pemandu untuk kegiatan kami selanjutnya, yup setelah ini kami akan ber snorkling ria dan menikmati keindahan alam bawah laut ciptaan Tuhan yang begitu memukau ini. Para pemandu menjelaskan berbagai ekosistem yang terdapat di sekitar perairan ini dimana nantinya kami akan menyaksikan keindahan terumbu karang dan penghuni-penghuninya tentu saja ikan-ikan berwarna-warni dan sejenisnya. Pemandu juga mengingatkan dengan tegas untuk selalu menjaga kelestarian alam bawah laut dengan tidak merusak terumbu karang ataupun menangkap ikan yang ada.


Pemandu Menjelaskan Secara Detail Aneka Ragam Biota Laut Yang Ada Disekitarnya

In Action with Galang Bahari Wisata - In frame +Eka Handa +Agus Saputra Asad +Eka Dewi Puspita @zackamega
Setelah persiapan selesai kamipun kembali naik kapal pancung menuju sebuah pulau tidak berpenghuni yang mempunyai pasir putih begitu menawan yaitu Pulau Ranoh. Perjalanan kurang lebih 30 menit pun ditempuh dan akhirnya tibalah kami di Pulau Ranoh.

Mendarat di Pulau Ranoh -
Pulau Ranoh ini menawarkan pasir putih yang begitu indah dan dipulau ini juga kami akan berlatih mempraktekkan cara penggunaan alat-alat snorkling. Jadi bagi kita-kita yang belum pernah sama sekali snorkling pun tidak perlu kawatir karena  akan dipandu langsung oleh para pemandu profesional. Bahkan yang tidak bisa berenang sama sekali pun bisa untuk melakukan kegiatan snorkling ini jadi jangan kawatir loh, snorkling itu mengasyikkan hehe. Oh ya tidak lupa pula sebelum snorkling kita pemanasan ya biar otot-otot terasa ringan loh.

Para Pemandu Menjelaskan Cara Memakai Peralatan Snorkling

Sebelum Snorkling Pemanasan Dulu Ya -
Usai melakukan peregangan sekaligus mencoba langsung peralatan snorkling yang kami kenakan di bibir pantai pasir putih pulau ranoh, kami kemudian melanjutkan perjalanan menuju titik snorkling perairan Pulau Dedap.


Menyusuri Hutan Bakau Menuju Pulau Dedap - 

Sesampainya di perairan pulau dedap langsung deh byurr. Terdapat beberapa biota laut yang dengan mudah kita jumpai disini dan salah satu yang paling populer yaitu si ikan badut atau clownfish yang lebih dikenal dengan nama nemo...


Model by @asadsaputra - 
Finding Nemo -

Nemo Nemo Nemo -
In Action - In Frame n Model by @hijabtraveller.com - Eka Handaa

Photo with Nemo - In Frame n Model by @zackamega.com - Zack

Tidak terasa keasyikan snorkling waktu pun terlupakan namun sayang pertut tidak bisa dilupakan hehe. Oke sepertinya harus istirahat siang dulu untuk menikmati makan siang yang sudah disiapkan secara khusus oleh Galang Bahari tentu saja dengan menu seafood diracik dan dimasak oleh warga sekitar. 

Menikmati Makan Siang di Pulau Dedap -
Setelah menikmati santap siang dan beristirahat sejenak menikmati semilir angin sepoi-sepoi di Pulau Dedap kamipun berangkat menuju spot snorkling berikutnya. Masih di perairan Pulau Dedap juga. Namun sayang spot snorkling yang kedua ini kami kurang beruntung dikarenakan hujan yang turun tadi pagi sehingga membuat air tampak keruh kehijau-hijauan sehingga ikan-ikan nemo beserta temam-temannya yang berwarna-warna itu tampak kabur dipandangan kami, tidak berlama-lama disini selanjutnya kami pun di bawa ke spot snorkling berikutnya yaitu perairan yang berada di depan Pulau Abang. Dan mengobati dari spot snorkling yang kedua disini sudah terbayarkan semua, terang saja jangankan menyelam kedalam air dari atas kapal pancung yang kami tumpangi saja terumbu karang dan ikan-ikan nemo tampak berkeliaran dengan riangnya. Saya pun yang sebelumnya sudah sedikit kehabisan energi tampak langsung bersemangat 45 kembali dan langsung saja byurrrrrr...percikan air kemana-mana hehe.

Spot Snorkling Perairan Pulau Abang - 

Tidak terasa waktu pun terus berlalu dan perlahan matahari pun beranjak turun menandakan malam akan segera tiba itu artinya kamipun harus menyudahi petualangan hari ini. Sadar para pemandu sudah menginstruksikan kami untuk kembali ke atas kapal akupun segera bergegas menghampiri kembali kapal pompong yang aku tumpangi dan tentu tidak lupa say goodbye dong sama nemo-nemo yang indah disini hehe. Abang pergi untuk kembali ya dek nemo. Karena dari lubuk hatiku ingin rasanya kembali lagi menikmati segala keindahan dan kekayaan alam bawah laut disini, semoga diberi waktu dan kesempatan lagi, Amin.

Setelah semua naik ke atas kapal kamipun melanjutkan perjalanan menuju Pulau Nguan, namun sebelum kembali ke Pulau Nguan ternyata masih ada satu agenda lagi dari Galang Bahari untuk kami yaitu menikmati segarnya air kelapa muda di Pulau Ranoh, yup dalam perjalanan kami kembali dan berhenti sejenak di Pulau Ranoh menikmati segarnya air kelapa muda sambil bercengkerama bersama teman-teman ditemani langit sore yang tampak begitu menawan ditiup semiir angin sepoi-sepoi.

Tidak berapa lama kemudian kami kembali ke rumah singgah yang merupakan markas Galang Bahari di Pulau Nguan untuk membersihkan badan serta berganti pakaian. Sunset yang indah kemudian mengiringi kami menuju kembali ke pelabuhan PT Pari di Pulau Galang yang mana bus yang akan membawa kami kembali ke titik pertemuan pertama di top 100 telah menanti.

Senja pun datang menjelang -
Dan, petualangan yang sungguh menyenangkan hari ini pun telah berlalu.

Blogger Kepri in Action with Galang Bahari Wisata
Terima kasih teman-teman semua kalian luar biasa dan biasa di luar ya hehe.

Terima kasih juga yang sebesar-besarnya buat Galang Bahari Wisata yang telah menemani kami seharian ini menikmati keindahan alam Pulau Abang dan sekitarnya.

Oh ya bagi kalian yang ingin merasakan wisata snorkling yang seru ini bisa menghubungi langsung  ya ...

Galang Bahari Wisata Call/WA/SMS
Zaka : 085264634106
Sani  : 081219544538

IG  : @pulauabangtrip



29 comments:

  1. Kurang cerah ya cuaca, aku sukanya pulau dedap, pasirnya putih bingit

    ReplyDelete
  2. Ia kak @Rina pagi nya hujan terus mendung deh sampai sore, hehe sayang sekali tp tetep jernih banhet airnya yg di depan Pulau Abang kak. Ia Dedap keceh kami makan siangnya si Pulau Dedap kak

    ReplyDelete
  3. pada pintar nyelam 4 sekawan ini ....... boleh lah kalo ada rencana prewednya agak beda dari yang lain.... prewed ala2 snorkeling gitu... jangan lupa galang bahari dan kami diundang jadi saksinya...hahahahh **

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk pandai kali lah kakak cakep ini klo muji ya. Makasih kakak cantik

      Delete
  4. hahah seruuuu cuaca nya sih asik ngk panas ngk dingin tetap ketemu nemo yang paling penting, cusss kemana lagi liat nemo kita beb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah ia beb, puas banget deh pokoknya walopun capek tp terbayarkan semua hehe

      Delete
  5. Pengen ke sana lagi. Tapi ntar mau beli dulu masker snorkel yang kayak Mas Jogie ah :D

    ReplyDelete
  6. wah beneran ada nemo nya, sayang bingit kmren Babang gak bisa ikut 😞

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha itulah babang travengler sibuq kali berpetualang teruss

      Delete
  7. Seru banget yaaaa.. Gak nyangka ternyata Batam punya surga bawah laut kayak gini.. Warbiayasak!

    ReplyDelete
  8. Tempatnya beneran bagus. Nggak nyesal deh main kesana.. :D

    ReplyDelete
  9. Seneng bisa kesana. Selaim spot snorkelingnya kece, bakaunya juga ga kalah keeren sama yg dibintan sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi bener banget teh @cucum senang dan puas pokoknya hehe

      Delete
  10. Eakkk, asiknya snorkelingnya bener-bener dipandu dan ga dibiarkan lepas sedikitpun, jadi ngerasa aman dan cuacanya juga adem ayem. Nemonya juga buanyak ^-^

    ReplyDelete
  11. Semoga bisa ke sana berkali-kali lagi ya Sad. Biar bisa foto nemo banyak-banyak.

    ReplyDelete

Anyone can give the idea, information or question
Dont Be Shy.....