Our social:

Adventure | Traveler | Challenge | Lifestyle

Wednesday, May 25, 2016

8 Hal Menarik Tentang Kota Batam

Welcome To Batam - Batam Centre - Batam
Batam oh Batam,  sebuah Kota yang saya diami sejak 21 tahun silam. Yang mana tentu menjadi salah satu kampung halaman saya hingga saat ini. Ada begitu banyak hal menarik di kota ini,  berikut saya ingin menyampaikan beberapa diantaranya :

1. Batam mulai di bangun pada tahun 1970 oleh sebuah lembaga independen yang dibentuk pada saat itu khusus,  yaitu Otorita Batam.  Yanga mana menurut informasi saat itu hanya di huni oleh sekitar 6000 an warga saya, namun berapa saat ini ?
2. Data tahun 2015 menyatakan bahwa warga Batam mencapai hingga 1,1 jt jiwa, wow sungguh fantastis perkembangannya dapat dikatakan naik hingga mencapai hampir 200 x lipat. Salah satu alasannya adalah Batam sendiri di plot sebagai Kota Industri yang artinya banyak sekali tersedia lapangan pekerjaan disini.
3. Selain kota industri, Batam juga menjadi surganya para pecinta elektronik, karena disini harga elektronik bisa dikatakan lebih murah dari daerah-daerah lainnya di Indonesia dan juga terdapat begitu banyak pilihan.
4. Batam adalah sebuah kawasan perdagangan khusus, yaitu Free Trade Zone, Zona Perdagangan Bebas yang artinya setiap barang dan jasa yang didaerah lainnya dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) maka di Batam sendiri dibebaskan alias bebas PPN.
5. Jembatan Barelang (Batam, Rempang, Galang) menjadi icon kota Batam, yang mana jembatan ini dibangun oleh Otorita Batam dalam kurun waktu antara tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998. Jembatan ini menghubungkan beberapa pulau.
6. Batam adalah sebuah pulau kecil yang memiliki begitu banyak pantai-pantai nan indah dan menawan, sekaligus memiliki pemandangan bawah laut yang begitu menawan. Banyak terdapat pantai-pantai indah disekitaran kota Batam, ada Pantai Melur yang terkenal akan garis panatianya, Pantai Mirota yang memiliki pasir putih begitu indah, lalu ada Pantai Nongsa yang berada dikawasan resort-resort terkenal di kota Batam, selanjutnya dikawasan lainnya ada Pantai Indah Puri yang baru-baru ini menjadi daya tarik baru masyarakat, karena pantai ini baru saja dibuka untuk umum. Selanjutnya untuk spot snorkling dan diving ada Pulau Abang yang sudah cukup terkenal di batam, Spot Pulau Labun dan Pulau Petong.
7. Batam Bandar Dunia Madani, menajadi semboyan kota ini, hal ini tentu juga didasarkan pada masyarakat kota Batam yang religius dan toleransi, terdapat tempat-tempat ibadah nan indah dan megah di kota ini, ada Mesjid Agung Batam yang terlihat begitu kokoh dan megah yang terletak di pusat kota Batam, lalu ada Vihara Duta Maitreya yang merupakan sebuah Vihara terbesar se Asia Tenggara wow. Lalu ada Pura Agung Amertha Bhuana, Gereja ST Petrus Lubuk Baja yang menawan.
8. Batam merupakan kota terbesar ketiga di Sumatera, dan merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang sering disangka adalah ibukota provinsi.

13 comments:

  1. Batam oh Batam.. gak nyangka udah 10 tahun tinggal di sini.. Padahal dulu niatnya paling cuma sekitar 2 tahunan aja di sini.. hahahaha

    ReplyDelete
  2. Wah mba dee ternyata udah lama juga ya di Batam, asyekkkk,

    ReplyDelete
  3. bersyukur nya aku menjadi warga batam, dimana banyak tempat wisata yang bisa aku datangi kapan saja aku butuh refreshing. 11 tahun ei sudah disini

    ReplyDelete
  4. Duh ternyata kak Sarah jg udah 11 taon di Batam euy... Asyekk...

    ReplyDelete
  5. Wuih kampung halaman mba @Dian Fernanda juga Batam ternyata, asyekkk

    ReplyDelete
  6. Sejak lahir tinggal di Batam, perkembangannya makin pesat, makin keren makin mempesona #eeaak

    ReplyDelete
  7. Wuih satu lagi warga Batam munculll @Eka Handaa, asyekkkk

    ReplyDelete
  8. Makasi...infonya sangat menarik,,jadi lebih tau batam,,karna ane baru 3 bulan di batam,,

    ReplyDelete
  9. 5 tahun dibatam dan jatuh cinta, walau masih ada cinta yang lain juga buat kota yang lain sih hehe

    ReplyDelete
  10. Hai @Yuni, wah lets explore Batam luar dalam yun, rasakan keceriaannya
    Hai Kak @Rina, semoga cerita cintanya di Batam abadi ya dan juga cerita cintanya di kota lain itu juga semoga abadi hehe

    ReplyDelete
  11. Yang jelas, Batam itu tempat mencari penghidupan sekarang. Haha.

    ReplyDelete

Anyone can give the idea, information or question
Dont Be Shy.....