Our social:

Adventure | Traveler | Challenge | Lifestyle

Sunday, April 15, 2012

Sudut Kota Medan - Kampung Keling Diantara Keriuhan Kota

              Medan, hemm siapa yang tidak mengenal kota terbesar di Pulau Sumatera ini, beruntung sekali aku dapat mengunjungi kota yang merupakan ibukota Provinsi Sumatera Utara ini, baiklah lanjut aja ya aku ingin berbagi sedikit pengalaman di hari pertama aku mengelilingi sebagian kecil dari sudut-sudut kota ini, kali ini aku ingin sedikit mengulas tentang sebuah daerah yang namanya kampung keling, namun sekarang lebih dikenal dengan nama kampung madras.




      Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa kampung keling merupakan tempat pemukiman orang -orang keling ya..ternyata memang banar sih mayoritas penduduknya adalah orang keling atau keturunan india. Kehidupan di kampung keling ini masih kental dengan nuansa kehidupan orang-orang keturunan india yang beragama hindu. Disini juga berdiri sebuah kuil yang megah yaitu 
Kuil Shri Mariamman





Kuil Shri Mariamman adalah kuil Hindu tertua di Kota Medan, Kuil ini dibangun pada tahun 1884 (ada pula yang menyebut 1881 untuk memuja dewi Kali.  Kuil yang menstanakan lima dewa, masing-masing Dewa Siwa, Wisnu, Ganesha, Dewi Durga (Kali), dan Dewi Aman itu dikelola salah seorang keluarga pemilik perusahaan besar Texmaco, Lila Marimutu. Pintu gerbangnya dihiasi sebuah gopuram, yaitu menara bertingkat yang biasanya dapat ditemukan di pintu gerbang kuil-kuil Hindu dari India Selatan atau semacam gapura. (Sumber: Wikipedia Indonesia)


Daerah ini juga sangat ramai dan padat karena banyak terdapat pusat-pusat perbelanjaan yang menawarkan berbagai macam produk unggulannya sebut saja Toko Roti, Souvenir shop, Makanan Khas sampai mall terbesar di medan pun berada diantara kampung keling ini.

                                                        Sun Plaza

                                          Arta Duta Hotel & Palladium Mall




See You Next....

0 comments:

Post a Comment

Anyone can give the idea, information or question
Dont Be Shy.....