Our social:

Adventure | Traveler | Challenge | Lifestyle

Monday, January 30, 2012

Perjalanan Ke Ujung Barelang Kota Batam

                  Liburan Imlek 2563 kali ini, aku manfaatkan untuk bernostalgia mengenang perjalananku ke ujung barelang, hem kenapa dikatakan ujung yah, ternyata memang bener-benar ujung loh, kan seperti yang kita tahu bahwa kota batam ini memang hanya lah sebuah pulau kecil yang termasuk dalam gugusan pulau provinsi kepulauan riau, namun walaupun hanya sebuah pulau kecil, tetapi batam juga adalah sebuah kota yang bisa dikatakan maju, mulai dari pembangunan maupun industrinya yang sudah dikenal oleh masyarakat banyak, hal ini juga tidak lepas dari posisi batam yang merupakan perbatasan dengan negara-negara tetangga, sehingga banyak investor-investor asing yang menanamkan modalnya dan membangun industri-industri di kota ini, sehingga terkenallah batam dengan kota industrinya.
               
                   Hem, sekilas aja yah pembukaannya, selanjutnya mari kita melakukan perjalanan panjang menempuh jarak lebih kurang 80Km, dari pusat kota batam, untuk mencapai salah satu titik dari ujung kota batam, melalui gugusan pulau-pulau yang telah dihubungkan dengan 6 buah jembatan yang merupakan ikon kota batam, yang lebih dikenal dengan "Jembatan Barelang"...go..go..go


Hem...singkat cerita, udah nyampe dech di Jembatan 1 yang mempesona dan terkenal sebagai ikon kota batam itu..yang juga diberi nama jembatan Tengku Fisabilillah yang struktur dan modelnya mirip dengan Golden Gatenya San Fransisco loh..hihihi..liat-liat di photo-photo juga sech..soalnya kan lom pernah tuh ke San Fransisco xixixixixixi....

Jembatan 1 ini menghugungkan antara pulau batam dengan pulau tonton...jembatan ini memiliki lebar tinggi 642x350x38 meter, hem...panjang juga loh sodara-sodara..

Nah kalo sore hari juga biasanya di jembatan ini ramai sekali loh, bukan hanya masyarakat setempat yang memadatinya, tetapi juga turis-turis asing loh, terutama turis dari Singapore yang memang jarak antara Batam dan Singapore so close..atau sangat deketttt gitu..hehe....
Lanjut dech...



Huft...perasaan deket amat, udah nyampe jembatan 2, wah ternyata pulau nonton cuma sebuah pulau kecil loh, kalo gitu mending photo-photo narcis dulu ahhh...jepretttttttt....jeprettttttttt.....

Jembatan 2 ini dikenal juga dengan nama Narasinga, hem..apa yah kira-kira artinya????????
jembatan ini menghubungkan pulau tonton dengan pulau nipah, ukurannya juga lumayan loh panjang lebar 420x160x15 meter...

Wah ternyata diseberang atau bisa dikatakan disamping jembatan sih, ada pulau yang unik tuh, tapi koq rame orang-orang yah, hem kira-kira ngapain yah, wah ternyata tebakan sodara-sodara bener, mereka memancing ,tapi omong-omong gimana cara kesananya yah hem...??????? pusing juga...tanya kenapa???
cari sendiri jawabannya yah, saya mau lanjutkan perjalanan xixixixi

Selang beberapa menit, wah ternyata pulau nipah juga pulau yang kecil, tapi tidak kecil-kecil amat, hem



hore....udah separuh perjalanan kali yah, soalnya udah nemu jembatan 3 nih, ato juga dikenal dengan sebutan Jembatan Ali Haji. jembatan ini menghubungkan pulau nipah dengan pulau setokok, lucu juga yah nama pulaunya, menurut saya sich, No Coment lah....
jembatan ini memiliki panjang lebar 270x45x15meter, hem..


Lanjut ah.....


Jembatan 4.............nama lainnya Sultan Zainal Abidin....wah keren nih namanya....

Jembatan ini memiliki panjang lebar 365x145x16.5 hem ternyata lebih panjang dari jembatan sebelumnya yah, jembatan ini menghubungkan pulau setokok dengan pulau rempang, wah kayaknya sebuah pulau besar nih, soalnya termasuk pulau yang di sebut-sebut dalam Barelang loh alias Batam-Rempang-Galang.....

Kalo begitu kita buktikan....detik demi detik berlalu, menit pun terus berganti...wah ternyata memang bener, pulau rempang ini besar juga yah, hem,...

wow...apa itu.............

wah ditengah-tengah perjalanan di pulau rempang ini ada budidaya dan perkebunan Dragon Fruit, alias Buah Naga loh..tuh liat kebunnya terhampar luas dengan panorama lautan yang indah



Lanjut.....
Teruss............
akhirnya...


Akhirnya jembatan 5 kelihatan juga, kalo gitu mau istirahat dulu ah, hemm,,,istirahat ato photo-photo nih, hahahaha....yah sekalian lah...wow ada pulau-pulau kecil yang indah-indah juga loh,,bisa diliat sendiri tuh ada photo-photonya.....

Jembatan ini nama lainnya Tuanku Tambusai hem..pasti kenal dong siapa beliau, nah bagi yang lupa saya ingatin sedikit siapa sih tuanku tambusai itu, beliau ini adalah pejuang loh, pemimpin kaum padri untuk melawan penjajah yang sudah merenggut segalanya dari bumi indonesia tercinta ini...salut n penghargaan yang sedalam-dalamnya buat beliau...

Lanjut ke cerita tentang jembatan yah, jembatan ini memiliki panjang lebar 385x245x31 meter, hem jembatan ini menghubungkan pulau rempang dengan pulau galang, wah salah satu dari singkatan Barelang juga nih, mesti pulau yang besar juga......siapkan mentak dan fisik anda, kita lanjutkan perjuangan ....

untung saja cuaca kali ini sangat sangat sangat bersahabat, tidak hujan dan juga tidak panas,,,,sehingga  menikmati sekali perjalanan nya nih......

jalan.....
   jalan....
      jalan....
seakan perjalanan panjang ini tak berakhir....

lebay....tuh dah sampe ...


wah jembatan ke 6 ini biasa-biasa aja yah, juga kayaknya paling kecil dech..cuma memeliki panjang lebar 180x45x9.5 meter
nama lainnya Jembatan Raja Kecil, sesuai kali yah dengan namanya xixixixi...
 tapi jembatan ini juga sangat berarti dan terkenal loh karena nilai sejarah dari pulau yang dihubungkannya yaitu pulau galang dengan pulau galang baru, di pulau galang ini ceritanya dulu pernah dijadikan tempat penampungan 250.000 pengungsi dari Vietnam loh. pada tahun 1975-1996, bekas tempat pengungsian yang berada didesa Sijantung kecamatan Galang ini, masih banyak menyisakan benda-benda maupun bangunan-bangunan peningagalan para pengungsi itu loh..hem, menarik juga, ...

Nah kan sudah menemui 6 jembatan yang menghubungkan 7 pulau, berarti sudah dekat dengan akhir penantian dan tujuan perjalanan ini loh..lihat tuh pemandangan nya juga bagus dan menakjubkan loh, selangkah lagi kita raih kemenangan...



akhirnya, samapai juga di Penantian...
ujung Barelang..........Batam-Rempang-Galan

wow ada pulau dan pantai yang cantik tuh di seberang


Bersantai ria.............



Narcis abizzzzzzzzzzzzzzz...

Akhirnya..sekian dan terima kasih,,untuk perjalan pulangnya gak usah diceritain yah, paling juga kurang lebih...bye, bye.....

5 comments:

  1. Dimana download secara gratis XRumer 7.0.10 ??
    Beri aku URL silakan!!!
    Ini adalah program terbaik untuk massa posting di forum ! XRumer dapat mematahkan sebagian besar jenis captchas !

    ReplyDelete
  2. blog yang menginspirasi saya buat jalan-jalannn..
    hohohooo..
    ^^v
    salam kenal. makasi uda follow.. ^^

    ReplyDelete
  3. pernah ke pulau depan pantai cakang tuh kak ? pasir putih nya cakep dah...apa ya nama pulaunya ??

    ReplyDelete
  4. wah belum mba sarah, keliatannya bagus juga tuh pasir putih ....cusss yukk kesana haha

    ReplyDelete

Anyone can give the idea, information or question
Dont Be Shy.....