Our social:

Adventure | Traveler | Challenge | Lifestyle

Sunday, October 18, 2009

Meningkatkan Trafik dan Rank Alexa

Para webmaster tentunya sudah banyak yang mengenal apa itu ‘Alexa’. Bagi para pemilik web/blog tentunya juga sudah sering mendengar atau melihat kata ‘Alexa Rank’ itu. Alexa merupakan sebuah perusahaan yg mengukur trafik ranking dari sebuah web dengan berdasarkan pola penggunaan Alexa toolbar dalam kurun waktu per 3 bulan. Ranking dari sebuah website didasarkan pada pengukuran ‘reach’ dan ‘pageviews’. ‘Reach’ diukur dengan melihat jumlah dari pengguna internet global yang mengunjungi sebuah site tertentu sedangkan ‘Pageviews’ merupakan jumlah total dari pengguna alexa yang merequest URL sebuah site. Request URL yang berulang dari 1 user pada hari yg sama akan dihitung sebagai single pageview.

Setelah melihat apa arti dari Alexa tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa alexa rank tentunya sangat berguna untuk melihat seberapa ramaikah web/blog yang kita kelola selama ini. Akan tetapi ada juga beberapa org yang kontra terhadap kesimpulan itu. Mereka menilai bahwa perhitungan ranking alexa tidak akurat dan dapat di cheat oleh webmaster yang tentunya berpengalaman dalam bidang itu.

Bagaimanapun Alexa rank masih tetap dibutuhkan apabila kita ingin me-monetize-kan web/blog kita. Pada postingan saya sebelumnya mengenai ‘get paid to review’, disana ada beberapa website komersil (memberikan upah apabila kita menulis sebuah review) yang mensyaratkan alexa rank dari web yang didaftarkan pada batasan tertentu. Mereka semakin ‘respect’ terhadap website yang mempunyai trafik alexa rank yang tinggi.

Walaupun web saya ini masih tergolong baru karena saya baru saja mengganti domain, tapi apa salahnya jika saya menumpahkan sedikit ilmu yang saya ketahui buat kalian semua..hihiihi.. Dengan berdasarkan pengalaman dari domain2 yang saya miliki terdahulu dan bimbingan dari beberapa blogger ternama, di post ini saya akan menyampaikan beberapa cara untuk meningkatkan trafik Alexa Rank. Langkah-langkahnya sebagai berikut :


1. Install alexa toolbar. Toolbar ini lebih cocok dengan browser mozilla firefox dan dikenal dengan nama Sparky ‘The Alexa Toolbar for Firefox. AddSaya sudah memakainya dan performansinya cukup memuaskan. Saya bisa melihat Alexa Rank dari web yang saya kunjungi pada pojok bawah browser firefox. Get Sparky here!

2. Pasang widget Alexa pada sidebar atau dibagian lainnya dalam website kalian untuk mengetahui rank alexa dan popularitas link web kalian. Seperti contoh ini :
3. Gunakan Redirect pada link yang menuju pada blog kita. Contoh : http://redirect.alexa.com/redirect?www.shahfutra.blogspot.com Silahkan ganti tulisan yang saya cetak tebal itu dengan URL(alamat) dari web/blog kalian. Saya sering menggunakan alamat redirect ini pada setiap kesempatan, misalnya pada signature email maupun siganture forum yang saya ikuti.

4. Buat postingan yang berhubungan tentang optimasi Alexa Rank seperti yang saya lakukan sekarang ini.

5. Buat artikel yang berkualitas, berbobot dan enak untuk dibaca sehingga para pengunjung berasa nyaman saat mengunjungi website kita dan tentunya untuk meningkatkan trafik kunjungan ke web kita. Saya pernah membaca artikel yang menarik dan mungkin akan berguna bagi kalian semua mengenai cara mempopularitaskan link website kita
6. Sering2lah blogwalking. Kunjungi web/blog milik orang lain dan berikan komentar didalam postingannya sehingga dapat membangun sebuah koneksi hubungan pertemanan sekaligus ajang promosi web kita sendiri :)
7. Bergabung dengan milis atau forum-forum. Jangan lupa untuk mencantumkan signature yang didalamnya terdapat link website kita.
Sumber:barajakom.blogspot.com

5 comments:

  1. salam sahabat
    gimana kabare?
    wah good posting jadi tahu nich,bermanfaat banget thnxs ya...good luck ya

    ReplyDelete
  2. hai kl blh tau alexa tu perusahaan dr mana y?

    ReplyDelete

Anyone can give the idea, information or question
Dont Be Shy.....