Ilmuan Ciptakan Tiruan Otak - 10 th Ke Depan - livejournalofasad.com

Thursday, September 17, 2009

Ilmuan Ciptakan Tiruan Otak - 10 th Ke Depan

Dalam 10 tahun ke depan, para ilmuwan akan membuat sebuah model yang dapat meniru fungsi otak manusia.
"Saya benar-benar yakin secara teknis dan biologis mungkin, kalau proyek ini bakal bisa terwujud. Satu-satunya yang tidak pasti adalah pendanaan. Ini adalah proyek yang sangat mahal," kata Henry Markram, profesor pada Brain Mind Institute di Swiss.
"Otak manusia tentu saja sangat rumit karena memiliki triliunan sinapsis, miliaran neuron, jutaan protein, dan ribuan gen. Tapi mereka masih terbatas jumlahnya," kata Markram, yang dikutip melalui Manorama, Minggu (6/9).
"Teknologi saat ini sangat canggih dan memungkinkan kita membalik pembangunan otak secara cepat," jelasnya. Sebuah contoh mengenai kemampuan yang telah ada adalah saat ini robot dalam melakukan pemindaian dan pemetaan puluhan ribu kali lebih cepat dibandingkan manusia.
Sementara itu, menurut dia, selain masalah keuangan, rintangan lainnya adalah selama 100 tahun penemuan ilmu saraf telah menyebabkan jutaan fragmen data dan pengetahuan yang belum pernah dibawa bersama dan dimanfaatkan sepenuhnya.
"Tantangan terbesar adalah untuk mengerti bagaimana pola kimia-magnetik-elektrik di dalam otak berubah menjadi persepsi kita tentang realitas. Kita berpikir melihat dengan mata, tetapi dalam kenyataannya sebagian besar dari apa yang kita 'melihat' adalah sebagai proyeksi yang dihasilkan oleh otak Anda," tandasnya. (okz)

2 comments:

  1. what? wieh tiruan otaks? technologi semakin canggih, pemikiran manusia-pun ingin meningkat canggih-nya... tapi apapun itu, pastinya tidak ada yang dapat menjadi sempurna seperti sempurnanya Tuhan sang pencipta... ya khan bro...
    Saya juga ingin ucapkan :
    Taqaballahu minna wa minkum, syiamana wa syiamakum, minal aidin wal faidzin... selamat hari idul fitri 1430 H... mohon maaf lahir dan bathin yup teman blogger...

    ReplyDelete
  2. ia, sama2 minal aidin walfaidzin juga sahabat blogger...

    ReplyDelete

Anyone can give the idea, information or question
Dont Be Shy.....