Merah Putih - Resensi Film Perjuangan Indonesia - livejournalofasad.com

Saturday, August 01, 2009

Merah Putih - Resensi Film Perjuangan Indonesia


Dunia perfilman indonesia akan kembali meluncurkan sebuah film perjuangan, yang diberi judul MERAH PUTIH. Film ini berlatar sejarah otentik perjuangan Indonesia untuk kemerdekaan pada tahun 1947 ketika terjadi Agresi Militer Belanda pimpinan Van Mook yang menyerang jantung kaum republik di Jawa Tengah, MERAH PUTIH bercerita tentang sekelompok pejuang kemerdekaan yang harus bersatu untuk bertahan dari pembunuhan, berjuang sebagai pejuang gerilya, untuk menjadi anak-anak bangsa sesungguhnya, terlepas dari konflik pribadi yang tajam dan perbedaan yang besar dalam kelas sosial, suku, daerah asal, agama, dan kepribadian.
Dibesut dalam format film 35-millimeter, MERAH PUTIH melibatkan ahli perfilman internasional terbaik dalam bidang special effects dan tata teknis lain yang berpengalaman di perfilman Hollywood: Koordinator Special Effects dari Inggris Adam Howarth (SAVING PRIVATE RYAN, BLACKHAWK DOWN), Koordinator Pemeran Pengganti Rocky McDonald (MISSION IMPOSSIBLE II, THE QUIET AMERICAN), Make-Up dan Visual Effects Artist Rob Trenton (BATMAN - THE DARK KNIGHT), Ahli persenjataan John Bowring (CROCODILE DUNDEE II, THE MATRIX, THE THIN RED LINE, AUSTRALIA, X-MEN ORIGINS:WOLVERINE) dan Asisten Sutradara Mark Knight (DECEMBER BOYS, BEAUTIFUL).
Berharap untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Hasyim Djojohadikusumo (ketua DPP Gerindra) yang juga produser PT Media Desa menggandeng Margate House, Ltd dari AS dan juga beberapa ahli perfilman terbaik dunia dalam bidang spesial efek dan tata teknis lain yang telah berpengalaman dalam dunia perfilman Hollywood untuk memproduksi film nasional bergenre perang pertama pasca-reformasi berjudul 'Merah Putih'. Tidak tanggung-tanggung, film trilogi yang dibesut dalam format film 35mm ini konon menghabiskan dana 6 juta dollar AS (sekitar Rp. 60 Milyar) untuk biaya produksinya!
Diproduseri oleh Conor Allyn dan Rob Allyn (produser eksekutif dan penulis skenario) film bergaya Hollywood-Blockbuster ini didukung oleh para profesional Hollywood sekaliber Adam Howarth (koordinator spesial efek dari Inggris yang pernah menangani "Saving Private Ryan"), Rocky McDonald (koordinator pemeran pengganti yang pernah menangani "Mission Impossible II"), Rob Trenton (Make Up Visual Effect Artist yang pernah menangani "Batman: the Dark Knight"), Jhon Bowring (ahli persenjataan yang pernah menangani film "The Matrix", "Crocodile Dundee II", "The Thin Red Line", "X-Men Origins: Wolverine"), dan Mark Knight sebagai asisten sutradara (menangani film "December Boys", "Beautifull").
Selain dibantu oleh pakar Hollywood, film ini juga ditangani oleh pakar perfilman terbaik Indonesia yaitu Yadi Sugandi sebagai sutradara (penata gambar terbaik untuk film "Laskar Pelangi", "Under the Tree", "The Photograph"), Sastha Sunu (penyunting gambar terbaik film "Gie"), penata artistik dan disain produksi senior Iri Supit dan penata musik Thoersi Argeswara.

Film ini dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris muda seperti Lukman Sardi, Darius Sinatra, Teuku Rifnu Wikana, Doni Alamsyah, Zumi Zola, Atiqah Hasiholan, dan Rahayu Saraswati (aktris yang studi akting di London dan Hollywood).
Diproduksinya film 'Merah Putih' ini bertujuan untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan sekaligus membangkitkan kembali semangat kejuangan di dada para pemuda Indonesia yang belakangan kita rasakan sudah mulai berkurang dan meredup.
TEMPO Interaktif, Jakarta - Sudah lama kita tak melihat film nasional bertema perang ditayangkan di bioskop domestik. Tapi, sebentar lagi, mulai 13 Agustus, layar lebar bakal dihias kisah pejuang-pejuang Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Merah Putih judul film itu.

Film ini berfokus pada lima kadet yang mengikuti latihan kemiliteran di Jawa Tengah. Latar belakang kelimanya beragam suku dan agama. Suatu saat, tentara Belanda menyerang pusat latihan itu. Semua dibunuh, kecuali kelimanya yang berhasil meloloskan diri. Mereka lalu bergabung dengan gerilyawan yang dipimpin Jenderal Soedirman.

Skenario film ini berangkat dari cerita Margono Djojohadikusumo, ketua Dewan Pertimbangan Agung pertama republik ini. Dia pernah melanjutkan perjuangan Partai Nasionalis Indonesia, saat tokoh-tokoh partai itu ditangkap dan dibuang. Margono juga merupakan kakek pengusaha Hasjim Djojohadikusumo, produser eksekutif Merah Putih.

Cerita itu lalu diolah oleh Connor Allyn, warga Amerika Serikat yang baru pertama kali ini mengolah skenario. Dia adalah putra Rob Allyn, yang juga tercatat sebagai pembuat skenario Merah Putih. Rob Allyn adalah konsultan politik asal Texas, pernah menjadi penasihat presiden George W. Bush. Sebagai penulis, sejumlah bukunya sudah diterbitkan.

Meski berangkat dari kisah nonfiksi, sutradara Yadi Sugandi memutuskan memfiksikan jalinan cerita. "Kalau tidak difiksikan, saya harus bersandar pada sejarah. Kalau begitu, saya angkat tangan karena harus ada riset yang sangat teliti. Dengan fiksi, saya bisa melanggar beberapa hal. Saya lebih bebas," kata Yadi kemarin.

Contoh "pelanggaran legal" yang dilakukan dalam film ini misalnya soal ledakan. "Itu memang kita eksploitasi. Pada 1947, saya belum lahir. Jadi saya tak tahu ledakan zaman dulu itu seperti apa," kata Yadi mencontohkan. Hal-hal lain juga difiksikan seperti moda transportasi, segala macam aksesori, mode pakaian, tanda kepangkatan, juga gaya memotong kumis dan cambang yang berlaku pada tempo yang dikisahkan dalam film.

Begitu pula konstruksi latar belakang sosial masyarakat. Tim film ini membuat sendiri latarnya, seperti properti, kondisi dusun, dan tingkat kemiskinan masyarakat saat itu. "Tapi semua sebisa mungkin didasari data otentik," kata Yadi.

Yadi memang baru pertama kali ini menyutradarai film. Dia lebih dikenal sebagai penata gambar yang andal. Tadinya film ini akan disutradarai orang asing. Namun, pihak produser menunjuk Yadi, yang dinilai mengikuti sejak awal proses persiapan pembuatan film. Tadinya ia sempat ingin menolak. Namun, setelah mengetahui skenario yang dinilai sangat nasionalis, sinematografer itu menyanggupi permintaan menjadi sutradara. "Kalau hanya drama, saya tolak," kata Yadi.

Tokoh-tokoh sejarah, seperti Soedirman, juga digambarkan selintas. "Takut salah juga. Kami mengeksploitasi pemain kami sendiri," ujarnya. Dalam perjalanan para tokoh, yang bergerilya dari Jawa Tengah ke Jawa Barat, mereka diceritakan sempat bersinggungan dengan tentara Darul Islam. Terjadi kontak senjata. Tapi, kedua pihak ternyata punya tujuan sama: membela Republik Indonesia. Sikap itu diambil sebagai pengingat, bahwa kita yang berkonflik pun punya tujuan mulia yang sama.

Film ini didukung Lukman Sardi (Amir), Donny Alamsyah (Tomas), Teuku Rifnu Wikana (Dayan), Darius Sinathrya (Marius), Zumi Zola (Soerono), Astri Nurdin (Melati, istri Amir) dan pendatang baru Rahayu Saraswati (Senja). Mereka melakoni skenario yang menonjolkan persahabatan dan percintaan dalam masa revolusi fisik. Tapi aspek yang paling mengemuka adalah rasa nasionalisme.

Yang menarik, senjata-senjata yang digunakan dalam film ini adalah asli. Tak ada imitasi. Sebagian properti itu dipinjamkan TNI--meski banyak yang tak lagi berfungsi. Untung ada ahli senjata yang bisa menghidupkan kembali semua peninggalan lawas itu. "Kami tak bisa pakai senjata bohongan," kata Yadi. Itu untuk mengejar nuansa keaslian. "Seperti suara selongsong jatuh dari senjata, ada dentingnya. Senjata palsu kan tak mengeluarkan selongsong."

Merah Putih adalah bagian pertama dari Trilogi Kemerdekaan. Sekuel dan bagian terakhirnya akan menyusul. Tiga film itu, kata Yadi, sudah selesai diambil gambarnya dalam tiga bulan yang padat. Untuk sekuel dan lanjutannya tengah dalam proses pascaproduksi. "Sekitar 20 persen lagi selesai," ujarnya.

Ketiga film itu menghabiskan biaya Rp 60 miliar termasuk promosi. Menurut Yadi, itu adalah biaya yang tak berlebihan dan tim tak boros dalam penggunaannya. Dana itu membiayai pemakaian tenaga ahli kelas dunia, pembuatan replika kendaraan, hingga pembelian peluru beneran.

Film ini bakal menjadi Big Movie indonesia tahun ini.

5 comments:

  1. Kayaknya nih film indonesia bangets...so jadi gak sabar nih nunggunya...

    ReplyDelete
  2. Bener tuch..saatnya perfilman indonesia untuk terus berkualitas

    ReplyDelete
  3. Hello, my friend!
    Great work. I love your work.
    Have a nice week.

    David Santos

    ReplyDelete
  4. hello too mr.santos
    thanks for your attention and support...hope you get the success

    ReplyDelete

Anyone can give the idea, information or question
Dont Be Shy.....