Dunia Baru "New World" - livejournalofasad.com

Saturday, August 22, 2009

Dunia Baru "New World"


New World (berarti: dunia baru) adalah salah satu kata yang digunakan untuk merujuk kepada Benua Amerika. Ketika kata yang pertama kali muncul pada abad ke-15 ini digunakan, Benua Amerika merupakan sebuah tempat baru dan asing bagi orang Eropa, yang sebelumnya menganggap bahwa dunia hanya terdiri dari Eropa, Asia, dan Afrika (disebut juga dengan Old World yang berarti dunia lama). Kata "New World" berbeda dengan "modern world" (dunia modern); modern world merujuk pada suatu masa sejarah, bukan sebuah tempat.

Christopher Columbus pulang ke Eropa pada tahun 1493 dari perjalanan pertamanya ke Benua Amerika dan pada tanggal 1 November di tahun yang sama Peter Martyr d'Anghiera menyebut Columbus dalam sebuah surat sebagai penemu dari "New World" (novi orbis). Satu tahun kemudian di surat yang lain, untuk kedua kalinya kata "New World" (orbo novo) digunakan untuk merujuk pada Benua Amerika. Dan pada tahun 1516 Martyr menerbitkan sebuah karya yang judulnya diberi awalan De orbe novo ("On the New World", di dunia baru).

Kata ini juga digunakan oleh Giovanni da Verrazzano pada tahun 1524 sebagai catatan perjalanannya ditahun yang sama melalui pantai yang saat ini berada di wilayah Amerika Serikat dan Kanada.

"New World" dalam konteks sejarah dapat digunakan untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan petualangan Christopher Columbus, penaklukan Yukatan oleh Spanyol, dan lain-lain. Sementara dalam konteks biologi, kata "New World" dan "Old World" digunakan untuk mengelompokan spesies.

Interpretasi lain dari kata ini adalah bahwa "New World" (dunia baru) adalah "baru" dalam semua konteks yang berhubungan dengan manusia; secara manusia telah berkembang dan hidup lebih lama di Old World jauh sebelum Benua Amerika ditinggali manusia; jadi, dapat dikatakan bahwa manusia pertama yang mencapai Benua Amerika-lah yang menemukan "New World". ( Wikipedia Indonesia )

No comments:

Post a Comment

Anyone can give the idea, information or question
Dont Be Shy.....