Our social:

Adventure | Traveler | Challenge | Lifestyle

Wednesday, July 22, 2009

Gerhana Matahari Total - 22 Juli 2009

Gerhana matahari terjadi ketika posisi Bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.
Gerhana matahari total terpanjang dalam abad ini dijadwalkan akan terlihat di pantai barat India, Rabu (22 Juli 2009). NASA ( National Aeronautics and Space Administration) Yaitu badan antariksa amerika memiliki gambar dan grafik yang menunjukkan terlihatnya gerhana.

Meskipun banyak peneliti di seluruh dunia berharap menyaksikan gerhana satu-satunya seumur hidupnya, namun jutaan warga India ketakutan karena kejadian astronomis selalu berbuntut bencana.

Bagi sebagian besar penduduk India pada semua kasta, astrologi menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupannya. Pasangan harus berkonsultasi dengan ahli astrologi untuk emnentukan hari pernikahan mereka. Salah satu peramal di India bahkan menyuruh wanita hamil tidak membuka jendela dan tetap berada di rumah.

Melihat secara langsung ke fotosfer matahari (bagian cincin terang dari matahari) walaupun hanya dalam beberapa detik dapat mengakibatkan kerusakan permanen retina mata karena radiasi tinggi yang tak terlihat yang dipancarkan dari fotosfer. Kerusakan yang ditimbulkan dapat mengakibatkan kebutaan. Mengamati gerhana matahari membutuhkan pelindung mata khusus atau dengan menggunakan metode melihat secara tidak langsung. Kaca mata sunglasses tidak aman untuk digunakan karena tidak menyaring radiasi inframerah yang dapat merusak retina mata.

Namun sayang sekali yah. kita yang berada di indonesia tidak dapat menyaksikan langsung fenomena alam yang menakjubkan ini.

0 comments:

Post a Comment

Anyone can give the idea, information or question
Dont Be Shy.....