Our social:

Adventure | Traveler | Challenge | Lifestyle

Thursday, June 04, 2009

Cara Mendaftarkan Blog ke "Search Engine"

Nah bagi temen-temen yang ingin agar blognya dapat terkenal atau dapat diakses oleh siapa saja didunia ini, maka temen-temen haruslah mendaftarkan alamat situsnya ke mesin pencari atau Search Engine yang begitu banyak tersedia, contohnya saja mesin pencari yang paling handal saat ini yaitu Google.



Nah tentu dong temen-temen ingin agar saat seseorang yang anda kenal ataupun tidak saat melakuka searching di mesin pencari ini, saat ada artikel atau sesuatu yang berhubungan dengan situs atau blog temen-temen maka situs atau blog temen-temen akan muncul didaftar hasil pencarian , nah lalu orang tersebut akan bisa melihat isi dari situs atau blog temen-temen. nah ini ada cara-cara yang gampang sekali agar blog atau situs temen-temen dapat terdaftar di Search Engine.

1. proses pendaftaran secara manual ke situs google
Cukup hanya dengan masuk ke alamat
http://google.co.id/intl/id/add_url.html
dan masukkan alamat website/blog temen-temen serta penjelasan atau tanggapan ke dalam kotak isian. Kemudian tinggal tekan tombol "Add URl". Selanjutnya google akan memproses masukan temen-temen dan memasukkannya ke dalam daftar pencarian. Namun pihak google tidak menjamin waktu kapan alamat temen-temen akan dimasukkan, butuh waktu kira-kira 3 atau 4 minggu. Selain itu temen-temen juga bisa menambahkan TAG META "description" dan "keywords" di dalam kode html di dalam website/blog agar mesin pencari semakin dimudahkan dalam mencari website/blog temen-temen.Selain itu, temen-temen juga dapat meminta beberapa rekan untuk menambahkan link di website/blog mereka ke alamat temen-temen untuk meningkatkan popularitas situs ataupun dengan seringnya temen-temen untuk jelajah blog orang lain, atau istilahnya Blog Walking gitulah. Selain di google nah bisa juga mendaftar ke mesin pencari Yahoo


2. proses pendaftaran secara manual ke situs yahoo
Untuk memasukkan alamat blog ke dalam daftar mesin pencari Yahoo! temen-temen dapat mengakses alamat
http://siteexplorer.search.yahoo.com/submit
Isilah kolom"submit a Website or a webpage" dengan alamat blog atau situs yang temen-temen miliki dan tekan tombol "Submit URL". Lalu secara otomatis masuk ke Yahoo Log In, Nah temen-temen harus udah punya E-Mail di Yahoo. Kalau belum daftar dulu, kalau sudah punya ya tinggal Log In aja, Selesai

Tunggulah beberapa hari sampai website/blog temen-temen tercantum di dalam mesin pencari.Jangan biarkan aktivitas blog terhenti karena proses ini.
Karena aktivitas dalam sebuah website/blog akan meningkatkan popularitas sebuah situs dalam mesin pencari. Hal ini dapat menjadi faktor pendorong kemungkinan masuknya alamat website/blog temen-temen ke dalam mesin pencari.

Nah Selain dua mesin pencari diatas, bisa juga mendaftarkan blog atau situs temen-temen ke mesin pencari yang lain, agar blog atau situs temen-temen bisa lebih dikenal lagi. Yaitu dengan mendaftarkan blog atau situs langsung ke 40 mesin pencari

Yaitu dengan cara memanfaatkan layanan gratis http://submitexpress.com
yang memakai tools khusus agar alamat URL blog yang kita daftarkan lewat situs ini dapat sekaligus terdaftar ke 40 search engine baik yang besar maupun yang kecil. Caranya juga cukup mudah, ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

1. Silahkan kunjungi http://submitexpress.com
2. Isi alamat blog di kotak yang tersedia di bawah tulisan FREE SUBMISSION. Jangan lupa pakai http://… Contoh, http://shahfutra.com atau http://shahfutra.blogspot.com
3. Klik Continue
4. Isi Email di kotak yang tersedia.
4. Setelah mengisi kode rahasia yang ada di bagian bawah, klik “submit”
5. Nah coba buka dulu E-Mail ada beberapa situs tersebut yang minta konfirmasi dari E-Mail kita, lalu tinggal klik aja alamat yang diberikannya untuk konfirmasi.
6. Beres Dech



3 comments:

  1. bagus tapi kelihatannya perlu ditambahin keterangan :
    Pertama

    Jika blog sahabat merupakan blog baru, saya sarankan jangan terburu-buru mendaftarkannya pada search enggine Google sebelum teroptimasi sesuai dengan prinsip-prinsip dasar SEO. Langkah-langkah optimasi, panduannya bisa sahabat ikuti pada artikel Tips Cepat Terindeks di Google. Cobalah menuliskan tiga artikel yang sesuai dengan prinsip-prinsip dasar SEO sebelum mendaftarkan blog sahabat ke mesin pencari.

    Kedua

    Pemilihan keyword yang akan dibidik, penggunaan meta tag, memegang peranan penting dan cukup menentukan cepat tidaknya blog sahabat terindek pada mesin pencari Google. Oleh karena itu, kita harus cerdik sekaligus cerdas dalam memilih kata kunci (keyword). Pilihlah kata kunci yang tidak terlalu banyak digunakan para blogger, terutama para master SEO. Untuk itu lakukan observasi terlebih dahulu dengan melakukan searching menggunakan kata kunci tersebut sebelum memutuskan memilihnya. Apa maksudnya, hal ini untuk mengetahui tingkat persaingan penggunaan kata kunci tersebut. Tentu akan sangat tidak berimbang, jika sebagai blogger baru (pemula) dengan ilmu seluk-beluk blogging yang miskin, mencoba bersaing dengan para senior apalagi master SEO. Jumlah kata kunci berdasarkan pengalaman saya, jangan terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit. Saya anjurkan pilihlah 6 kata kunci saja.

    Ketiga

    Pilihlah judul artikel yang SEO friendly sehingga membantu mempercepat terindeks di google. Judul artikel sedapat mungkin berkaitan erat dengan materi yang akan menjadi isi artikel. Kesimpulannya, judul harus menggambarkan isi. Untuk mengetahui artikel yang baru ditulis apakah terindeks atau tidak pada mesin pencari Google, setelah selesai menulis, lakukan searching dengan menggunakan judul artikel tersebut. Hal ini paling tidak dapat memberi informasi di halaman berapa artikel tersebut terindeks atau justru tidak sama sekali.

    Keempat

    Dalam menulis artikel, tempatkan keyword (kata kunci) pada paragraf awal, tengah dan akhir artikel. Khusus untuk paragraf awal, upayakan dalam 100 kata pertama, dan rangkai kalimat yang benar-benar pas dan match dengan kata kunci tersebut. Hindari menempatkan jumlah kata kunci yang berlebihan dalam setiap artikel, karena tindakan seperti itu dapat dianggap spam oleh Google. Dalam menulis artikel, tulislah artikel yang benar-benar bermutu dan dibutuhkan orang lain. Dengan demikian pengunjung akan dengan sukarela memberikan komentar terhadap artikel yang sahabat tulis tanpa harus menghiba atau menulis pesan khusus agar mereka memberi komentar pada artikel tersebut.

    Kelima

    Sebagai syarat untuk mendapatkan page ranking, blog harus memiliki back link (link balik) dari blog blogger lain. Bertukar linklah dengan sesama blogger, lebih baik jika blog dengan topik sejenis dan memiliki page ranking, lebih besar page rankingnya tentu lebih bagus.

    Keenam

    Sebagai langkah awal dalam upaya memperkenalkan blog sebelum terindeks pada mesin pencari, tentu harus dengan aktifitas blogwalking. Karena itu siapkan waktu paling sedikit satu jam untuk melakukan blogwalking setiap hari. Upayakan mendapatkan pengunjung blog paling sedikit 50 pengunjung perhari, sebanyak-banyaknya tentu akan lebih baik, dengan catatan, aktifitas blogwalking jangan sampai membuat sahabat lupa malakukan update yan teratur. Karena bagaimanapun juga, pengunjung yang datang dari search engine jauh lebih baik dari pada yang diperoleh dari blogwalking. Mengapa?, karena pengunjung yang datang dari search engine, karena mereka butuh informasi, dan alangkah bagusnya jika informasi yang dibutuhkan bisa diperoleh di blog sahabat.

    Nah sahabat, silahkan lakukan langkah-langkah optimasi agar apa yang sahabat cita-citakan dapat tercapai. Kiranya artikel ini dapat menjadi inspirasi dalam menekuni aktifitas blogging. Tentu untuk menjadi seorang master atau apapun namanya dalam dunia blogging, dibutuhkan keuletan, kesungguhan dan semangat pantang menyerah untuk terus belajar. Karena tidak ada hasil yang baik tanpa usaha dan kerja keras. Selamat mencoba semoga sukses.

    ReplyDelete
  2. Wah - wah panjang sekali...ia - ia ide yang bagus heheheh. thx mas

    ReplyDelete
  3. Wah - wah panjang sekali...ia - ia ide yang bagus heheheh. thx mas

    ReplyDelete

Anyone can give the idea, information or question
Dont Be Shy.....